Lapas Banjar Bakal Jadi Lapas Tipikor

05/03/2017 0 Comments
Lapas Banjar Bakal Jadi Lapas Tipikor

Kakanwil Hukum dan Ham Jabar, Dr. Susy Susilawati, SH. MH., didampingi Kepala Divisi Administrasi Kanwil Kuham, Nofli, S.sos., SH. Msi., saat meninjau Lapas Kota Banjar, Jum’at (03/03/2017). Photo: SBH/HR.

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),-

Wacana lembaga pemasyarakatan (Lapas) tindak pidana korupsi (Tipikor) kelak akan disebar, tidak hanya terpusat di Lapas Sukamiskin, rupanya akan segera terwujud. Dan salah satunya nominasinya, adalah Lapas kota Banjar.

Hal itu terungkap saat kunjungan kerja Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Hukum dan Ham Jabar, Dr. Susy Susilawati, SH. MH., ke Lapas Banjar pada Jum’at (03/03/2017), seusai melaksanakan penyuluhan hukum di Kabupaten Pangandaran.

Kalapas kota Banjar, Agus Wahono, saat dikonfirmasi HR Online pada Sabtu (04/03/2017), membenarkan, bahwa Lapas yang di komandoinya menjadi salah satu nominasi.

“Selain kapasitas yang mumpuni, kami pun memiliki blok yang memenuhi syarat untuk dijadikan Lapas Tipikor,” jelasnya.

Menurut Agus, meski begitu, pihaknya hingga kini masih kekurangan sumber daya manusia (SDM), apalagi bila kelak terpilih menjadi Lapas Tipikor. “Saat ini hanya ada 15 pegawai, yang mana satu ship jaganya sebanyak lima orang dengan waktu jaga hingga 12 jam. Kondisi tersebut sangat tidak ideal,” ungkapnya.

Untuk mencapai kondisi ideal, hingga kelak dijadikan Lapas Tipikor, menurut Agus, pihaknya membutuhkan tambahan SDM minimal 10 pegawai lagi. “Kalau ditambah segitu lagi, Lapas Banjar akan ideal untuk dijadikan Lapas Tipikor, kalau sarana infrastruktur sudah sangat layak,” tambahnya.

Saat ditanya blok mana yang akan dijadikan tahanan Tipikor jiga terpilih, menurut Agus, blok A akan sangat bisa digunakan. “Penambahan SDM itu ditujukan untuk mengisi pos penjagaan di blok A,” tukasnya. (SBH/R1/HR-Online)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!