Lewat STBM, Puskesmas Sindangwangi Pangandaran Dorong Hidup Sehat dan Bersih

17/03/2017 0 Comments
Lewat STBM, Puskesmas Sindangwangi Pangandaran Dorong Hidup Sehat dan Bersih

Kegiatan UKM (upaya kesehatan masyarakat) melalui pemicuan STBM menuju desa ODF (open defecation free) Puskesmas Sindangwangi agar masyarakat tidak ada lagi BAB sembarangan. Photo: Madlani/HR

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),-

Dalam mendorong kebiasaan hidup bersih dan sehat, Puskesmas Sindangwangi, Kecamatan Padaherang, Kabupaten Pangandaran, terus melakukan pendekatan kepada masyarakat dengan langsung mensosialisasikan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) dengan target setiap tahun lingkungan Open Defecation Free (ODF) atau kondisi dimana masyarakat tidak membuang kotoran (BAB) sembarangan.

“Kita intens melakukan di dua lokasi sebagai percontohan, Desa Bojongsari dan Desa Sindangwangi,” kata Kepala Puskesmas Sindangwangi, Ajang Jatnika, kepada HR Online.

Selain itu, kata Ajang, pihaknya juga berupaya melakukan pencegahan penyakit yang disebabkan oleh lingkungan kotor seperti diare, tifus, polio.

“Intinya, masyarakat harus sadar akan kebersihan lingkungan seperti cuci tangan menggunakan sabun, tidak BAB sembarangan, masyarakat bisa membuang sampah pada tempatnya, minimalnya mereka punya tempat sampah sendiri. Mudah-mudahan masyarakat mendukung gerakan ini,” pungkasnya. (Mad/R6/HR-Online)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!