Lumpuh 17 Tahun, Gadis Asal Pangandaran Ini Butuh Bantuan

31/03/2017 0 Comments
Lumpuh 17 Tahun, Gadis Asal Pangandaran Ini Butuh Bantuan

Sumiati bersama Irma saat berada di kediamannya di Dusun Mekarsari, Desa Cimindi, Kecamatan Cigugur, Kabupaten Pangandaran. Photo: Madlani/HR

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),-

Irma Sukmawati (17), warga Dusun Mekarsari, Desa Cimindi, Kecamatan Cigugur, Kabupaten Pangandaran, anak kedua dari pasangan suami istri Rosidin (43) dan Sumiati (46) mengalami lumpuh total sejak usia 7 bulan. Nasib nahas tersebut dialaminya setelah divonis oleh medis karena salah pemberian obat saat mengikuti imunisasi.

Sumiati, mengatakan, 17 tahun silam, anaknya setelah mendapatkan imunisasi dan keesokan harinya mengalami kejang. Lantaran khawatir, dirinya langsung memeriksakan ke dokter.

“Kata dokter anak saya itu kondisinya demikian karena salah menyuntikkan obat saat imunisasi. Dokter menyarankan agar mengkonsumsi obat setiap hari, bahkan hingga saat ini masih berlangsung,” paparnya kepada HR Online, Kamis (30/03/2017).

Jika dirinya terlambat memberikan obat, kata Sumiati, Irma akan mengalami kejang hingga bibirnya membiru. Dalam satu minggu, Sumiati harus mengeluarkan uang ratusan ribu rupiah guna membeli obat untuk anaknya agar tidak kejang. Padahal, kondisi ekonominya berada dibawah garis kemiskinan.

“Kebutuhan obat dalam satu Minggu bisa mencapai Rp. 800 ribu. Saya berusaha untuk mendapatkan uang tersebut dari hasil buruh serabutan demi anak saya,” lirihnya.

Kesedihan lainnya, sambung Sumiati, sejak 4 tahun terakhir Irma terpaksa dipasang selang plastik pada lubang hidung bagian kanannya untuk menyuntikkan minuman maupun makanan. Sebab, jika makan atau minum melalui mulut, maka selalu tumpah.

“Saya hanya bisa pasrah dengan kondisi ini dan berharap ada bantuan pemerintah, terutama kursi roda. Irma setiap hari hanya bisa terbaring di tempat tidur dan tidak bisa berbuat apa-apa,” pungkasnya. (Mad/R6/HR-Online)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!