Macan Tutul Jawa Gunung Sawal Ciamis Tertangkap Kamera Jebak

10/03/2017 0 Comments
Macan Tutul Jawa Gunung Sawal Ciamis Tertangkap Kamera Jebak

Macan tutul jawa yang berhasil tertangkap kamera jebak BKDSA wilayah III Ciamis Suaka Margasatwa Gunung Sawal.

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Keberadaan macan tutul jawa (Panthera pardus melas) di Gunung Sawal, Ciamis, masih belum bisa dipastikan total populasinya, termasuk di sejumlah kawasan konservasi lain yang berada di Jawa Barat.

Meskipun begitu, berkat pengamatan BKSDA wilayah III Ciamis Suaka Margasatwa Gunung Sawal, terhitung sejak September 2016 hingga Februari 2017 sebanyak 7 ekor macan tutul jawa dapat tertangkap oleh 11 kamera jebak dari 20 kamera yang dipasang.

Dari hasil 11 kemera jebak BKSDA, 7 macan tutul jawa tersebut berhasil diidentifikasi yang diantaranya dua individu macan tutul jantan dewasa, satu betina dewasa, satu belum diketahui identitasnya. Sementara empat lainnya, identitas macan tutul belum bisa dipastikan secara jelas lantaran hasil gambar kamera yang kurang optimal.

 “Kita lakukan secara berkala untuk mengetahui estimasi populasi macan tutul jawa. Hal ini sangat penting guna melindungi kawasan maupun pemulihan ekosistem yang ada di dalamnya,” kata Kepala Besar KSDA Jabar, Sustyo Iriyono. (Muhafid/R6/HR-Online)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!