Orang Tertua Asal Ciamis Ini Tutup Usia

09/03/2017 0 Comments
Orang Tertua Asal Ciamis Ini Tutup Usia

Rohaedi atau Kyai Langlang Buana saat diwawancarai Koran HR semasa masih hidup. Photo: Dokumen HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Rohaedi, warga Dusun Sarimukti, Desa Sindangangin, Kecamatan Lakbok, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, yang diketahui memiliki umur lebih dari 100 tahun dikabarkan meninggal dunia pada Rabu (08/03/2017) sekitar pukul 15.00 WIB.

Seperti diberitakan HR Online sebelumnya, Rohedi mengaku kini usianya sudah hampir dua abad atau 182 tahun. Sedangkan pada KTP-nya tercatat lahir di Cirebon, tanggal 05 November 1898 atau berumur 118 tahun. Padahal seingat dirinya umurnya kini sudah lebih dari 118 tahun.

“Tidak apa-apa beda tahunnya karena saya juga tahu KTP itu tiba-tiba sudah dicetak oleh pemerintah. Yang penting saya masih ada,” kata Rohaedi, sambil tangannya meraba dinding tembok dari kamar ke ruang tamu untuk memperlihatkan KTP-nya, saat diwawancara HR Online, semasa hidupnya, Rabu (04/01/2017) lalu.

Sementara berdasarkan keterangan dari Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Ciamis, warga yang bernama Rohaedi, dengan alamat Dusun Sarimukti, Desa Sindangangin, Kecamatan Lakbok, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, lahir pada 5  November 1860, yang berarti dia berumur 157 tahun.

Menurut Yasir, warga yang tengah melayat ke rumah duka, mengatakan, kepergian Rohaedi yang merupakan satu-satunya warga tertua di Kecamatan Lakbok, bahkan Kabupaten Ciamis, membuat warga sekitar sedih. Sebab, Rohaedi merupakan sesepuh warga yang baik.

“Saya turut berduka atas kepergian beliau. Semoga saja amal beliau diterima di sisi Alloh SWT,” singkatnya kepada HR Online, Kamis (09/03/2017).

Sementara itu, Kepala Desa Sindangangin, Dasiah, membenarkan bahwa salah satu sesepuh di desanya telah tiada.

“Ya tadi saya mendapatkan laporan dari Kepala Dusun Sarimukti bahwa baliau sudah tiada. Karena kondisi saya kurang fit dan akan menerima tamu dari kabupaten untuk mempersiapkan kahadiran menteri, saya belum sempat ke rumah duka,” kata Dasiah saat dihubungi HR Online melalui sambungan telepon.

Berdasarkan informasi yang dihimpun HR Online, jenazah Rohaedi akan dikebumikan di pemakaman setempat. (Muhafid/R6/HR-Online)

Berita Terkait

Kyai Langlang Buana, Warga Ciamis yang Diduga Orang Tertua di Indonesia

Ini Rahasia Umur Panjang Manusia Tertua Asal Lakbok Ciamis

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!