Pelayanan Kurang Maksimal, Warga Enggan Berobat ke Puskesmas di Pangadaran Ini

09/03/2017 0 Comments
Pelayanan Kurang Maksimal, Warga Enggan Berobat ke Puskesmas di Pangadaran Ini

UPTD Puskesmas Padaherang, Kabupaten Pangandaran. Photo: Madlani/HR

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),-

Program kesehatan gratis yang digulirkan pemerintah belum sepenuhnya diterima oleh warga Kabupaten Pangandaran. Belum maksimalnya pelayanan yang diberikan membuat warga enggan berobat ke Puskesmas, bahkan takut.

Sri (36), warga Padaherang, mengaku pelayanan di Puskesmas Padaherang dinilai buruk serta asal-asalan. Selain karena kurangnya tenaga medis, tidak ramahnya petugas membuat warga enggan berobat ke Puskesmas tersebut.

“Anak saya sakit panas akibat gejala demam tinggi. Karena anak saya memiliki riwayat kejang yang kerap kambuh, saya langsung melarikan ke Puskesmas. Namun, saat tiba di Puskesmas, petugas justru menyarankan untuk istirahat terlebih dahulu setelah memberikan pengobatan. Waktu itu dokter jaga yang piket juga tidak ada,” paparnya kepada HR Online, Rabu (08/03/2017).

Lantaran dinilai kurang maksimal pelayannya dan merasa khawatir dengan kondisi anaknya, kata Sri, dirinya terpaksa membawa anaknya ke RSUD Kota Banjar menggunakan kendaraan pribadi.

Hal senada juga diungkapkan salah satu ketua RW di Desa Karangmulya, Kecamatan Padaherang, yang enggan disebutkan namanya. Ia menyebutkan banyak warga di kampungnya enggan berobat ke Puskesmas Padaherang lantaran penanganan medisnya dianggap asal-asalan.

“Dikampung saya, hampir semua warga kalau ada yang sakit berobatnya ke Puskesmas Ciulu (Ciamis-red), tidak ada yang mau ke Puskesmas Padaherang. Alasannya petugas yang melayani asal-asalan dan juga dengan alasan tidak ada dokter jaga,” katanya setelah mengadu ke Kepala Puskesmas Padaherang yang baru, Suryati.

Ia menceritakan, pernah suatu hari warganya berobat karena luka setelah tertusuk paku. Setelah ditangani oleh petugas di Puskesmas Padaherang, justru kakinya menjadi bengkak dan hingga sekarang mengalami cacat, tidak bisa berjalan.

“Maka dari itu, kami harap pemerintah bisa tegas kepada petugas kesehatan untuk memberikan pelayanan terbaiknya kepada warga. Selain itu, bila Puskemas sudah komitmen melayani 24 jam penuh, maka petugas maupun dokter jaga pun harus dibenahi lagi,” tegasnya. (Mad/R6/HR-Online)

Berita Terkait

Terkait Pelayanan Kesehatan, Ini Kata Kepala Puskesmas Padaherang Pangandaran

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!