Pemkot Banjar Gratiskan Raskin/Rastra Sejak 2013

20/03/2017 0 Comments
Pemkot Banjar Gratiskan Raskin/Rastra Sejak 2013

Wakil Walikota Banjar, drg. H. Darmadji Prawirasetia, M.Kes., bersama Kabag. Humas dan Bagian Ekonomi Setda Kota Banjar, usai menerima penghargaan. Photo: Istimewa

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),-

Wakil Walikota Banjar, drg. H. Darmadji Prawirasetia, M.Kes., mengatakan, di Kota Banjar, Raskin/Rastra sudah digratiskan sejak April 2013. Berdasarkan data dari Dinas Sosial Kota Banjar, penyaluran Raskin/Rastra tahun 2016 diperuntukkan bagi 9.686 Rumah Tangga Sasaran Penerima Manfaat (RTS-PM), dengan alokasi anggaran sebesar Rp.3.568.900.000,- untuk RTSPM selama 14 bulan atau 14 kali pendistribusian.

“Karena dari pusat hanya 12 bulan, maka realisasi anggaran menjadi Rp.3.082.125.000 untuk 12 bulan untuk data penerima dari hasil PPLS 2011. Namun, telah dilakukan pemutakhiran melalui Musdes dan Muskel masing- masing desa dan kelurahan bila ada penerima yang sudah tidak sesuai kriteria karena telah mampu, pindah atau meninggal dunia,” terangnya.

Lebih lanjut Wakil Walikota Banjar menjelaskan, bahwa Pemerintah Kota Banjar juga telah memprioritaskan bantuan Rastra, yakni membebaskan masyarakat penerima bantuan Rasrta dengan dibiayai dari APBD Kota Banjar.

Berdasarkan pemutakhiran data tahun 2015 dari BPS, di Kota Banjar terdapat sebanyak 14.478 keluarga tidak mampu yang layak menerima subsidi Beras Sejahtera dan Bantuan Pangan Non Tunai (BNPT).

Sementara, sesuai Keputusan Menteri Sosial RI No.21/Huk/2017 tentang Penetapan Jumlah Keluarga Penerima Manfaat Subsidi Beras Sejahtera dan Bantuan Pangan Non Tunai Kota Banjar, hanya mendapatkan kuota sebanyak 8.717 KPM (Keluarga Penerima manfaat).

“Untuk itu, sebanyak 571 KPM yang tidak kebagian program ini di tanggung dari APBD Kota Banjar, dengan nama Rastra Daerah dengan anggaran Rp.3.302.000.000. Jangan ada lagi masyarakat miskin di Kota Banjar yang tidak kebagian Rastra,” tandas H. Darmadji.

Ia pun berharap, dengan adanya program tersebut, masyarakat yang berada dalam kondisi kurang mampu dapat memenuhi kebutuhan pangan, disamping kebutuhan nutrisi lainnya. Sehingga, masyarakat Kota Banjar mempunyai ketahanan pangan yang cukup handal. (Adv)***

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!