Petani di Pamarican Ciamis Butuh Mesin Panen Padi, Ini Alasannya

02/03/2017 1 Comment
Petani di Pamarican Ciamis Butuh Mesin Panen Padi, Ini Alasannya

Photo: Ilustrasi net/Ist.

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Musim tanam padi sebentar lagi akan tiba, namun tidak bagi para petani di Desa Sukamukti, Kecamatan Pamarican, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat. Pasalnya, kendati saat ini sudah memasuki musim tanam ke dua, tapi para petani di daerah tersebut masih disibukan dengan masalah panen yang terlambat.

Ketua Gapoktan Desa Sukamukti, Hamid, mengatakan, para petani di wilayahnya kini dipastikan tidak akan bisa tanam tepat waktu karena terkendala musim panen saat ini.

“Para petani di sini sekarang kerepotan untuk memanen padi, karena saat ini jarang sekali buruh tani yang suka “gacong” memanen padi. Tentunya hal ini menjadi kendala sehingga banyak petani yang saat ini kewalahan. Karena itu lah kami merasa sudah saatnya Pemerintah Kabupaten Ciamis memberikan bantuan mesin panen kepada petani, agar malah sepertu ini tidak selalu terjadi,” tutur Hamid, kepada HR Online, Kamis (02/03/2017).

Menurut Hamid, jika permasalahan ini tidak ada solusinya, maka secara otomatis petani di Desa Sukamukti akan selalu mengalami keterlambatan tanam.

Sementara itu, berdasarkan informasi yang dihimpun HR Online di lapangan, berkurangnya minat buruh tani di kalangan muda saat ini semakin merepotkan para petani lama. Sehingga, mereka terpaksa menggarap area pesawahannya dengan tenaga sendiri. Akibatnya para petani di Desa Sukamukti tidak mampu menciptakan hasil panen yang maksimal. (Suherman/R3/HR-Online)

About author

Related articles

1 Comment

  1. miftah March 02, at 20:38

    Ada solusi untuk hal tersebut, yakni menggunakan mesin perontok padi, itu akan meringankan pekerjaan petani

    Reply

Leave a Reply