Petani di Pangandaran Minta Produktifitas Sawah Ditingkatkan

22/03/2017 0 Comments
Petani di Pangandaran Minta Produktifitas Sawah Ditingkatkan

Kondisi areal pesawahan di Desa Ciganjeng, Kecamatan Padaherang, Kabupaten Pangandaran. Photo: Entang Saeful Rachman/HR

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),-

Sejumlah petani di wilayah Desa Ciganjeng merasa panen yang dihasilkan dari sawah miliknya yang hanya satu kali dan bisa menanam satu kali dalam setahun dari dahulu hingga sekarang belum ada solusinya.

“Di Ciganjeng memang sudah jadi langganan banjir. Apabila di areal pesawahan Blok Liposos dan Desa Paledah bisa ditangani, saya yakin di Ciganjeng sudah beda cerita lagi. Artinya, areal pesawahan di sini bisa lebih produktif dibanding dengan kondisi saat ini,” tegas Sodik Mulyana, salah satu pemilik sawah di Desa Ciganjeng, kepada Koran HR.

Jika areal sawah yang kini hanya bisa memanen satu kali dalam setahun dapat berubah menjadi dua kali, kata Sodik, ia yakin Kabupaten Pangandaran akan menjadi salah satu daerah penyuplai padi nasional. Ia berharap, pemerintah bisa memikirkan agar dampak banjir yang merambah hingga areal pesawahan bisa ditanggulangi.

“Sejak 3 pekan terakhir areal sawah di Blok Liposos kondisinya sudah surut dan berimbas sawah di Ciganjeng juga surut. Meski begitu, banyak petani enggan menanam lantaran banjir kerap datang secara tiba-tiba. Para petani tidak mau merugi yang kedua ataupun ketiga kalinya. Jika mereka merugi, sudah jelas tidak ada yang menggantinya,” paparnya. (Ntang/R6/Koran HR)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!