PPNI Ajak Masyarakat Ciamis Budayakan Cuci Tangan

25/03/2017 0 Comments
PPNI Ajak Masyarakat Ciamis Budayakan Cuci Tangan

Ilustrasi. Photo : Ist/ Net

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Kabupaten Ciamis memelopori gerakan cuci tangan pakai sabun secara serentak. Gerakan itu cuci tangan pakai sabun itu diproyeksikan menjadi kebiasaan masyarakat Ciamis.

Ketua PPNI Kabupaten Ciamis, Osep Hernandi, ketika ditemui Koran HR, Senin (20/03/2017), mengatakan, gerakan cuci tangan pakai sabun tersebut merupakan momen untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang pentingnya membersihkan tangan.  

“Mencuci tangan kadang kala menjadi hal yang tidak kita perhatikan. Padahal dengan mencuci tangan, merupakan salah satu bentuk dalam menjaga kesehatan tubuh kita sendiri,” ungkapnya.

Osep berharap, gerakan cuci tangan pakai sabun tersebut bisa menjadi jalan untuk memberikan pengetahuan kepada seluruh masyarakat Kabupaten Ciamis untuk selalu ingat akan kebersihan tangan.

Mencuci tangan, lanjut Osep, memang tidak bisa diabaikan begitu saja. Tapi harus dilakukan dengan tata cara yang benar. Maka dari itu, PPNI akan terus menyosialisasikan tata cara mencuci tangan yang benar.

“PPNI akan bekerjasama dengan Dinas Kesehatan, memasang spanduk tentang tata cara mencuci tangan yang baik dan benar di setiap Puskesmas, Sekolah dan juga perkantoran,” katanya.

Untuk itu, Osep menambahkan, PPNI berharap mendapat dukungan penuh dari Pemerintah Daerah Kabupaten Ciamis dalam menyukseskan gerakan tersebut.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Ciamis, Drg. Engkan Iskandar, ketika ditemui Koran HR, Senin (20/03/2017), mengatakan, gerakan mencuci tangan memang perlu digalakan dan disosialisasikan kepada seluruh masyarakat Ciamis.

“Kami sangat mengapresiasi apa yang dilakukan PPNI Kabupaten Ciamis. Dengan ini,  setiap orang bisa menjaga kesehatan, terutama tangan yang setiap hari selalu bersentuhan dengan kotoran,” katanya.

Engkan mengimbau seluruh Puskesmas di wilayah Kabupaten Ciamis menyosialisasikan tata cara mencuci tangan yang baik dan benar kepada setiap warga di daerah kecamatan masing-masing.

Sementara itu, Bupati Ciamis, Iing Syam Aripin, mengakui, mencuci tangan terkadang selalu diabaikan. Namun setelah dipelopori oleh PPNI, Iing mengajak seluruh masyarakat Ciamis mulai menggalakan gerakan cuci tangan. (Es/Koran-HR)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!