Serap Gabah Petani Ciamis, Bulog Upayakan “Jemput Bola”

11/03/2017 0 Comments
Serap Gabah Petani Ciamis, Bulog Upayakan “Jemput Bola”

Ilustrasi. Photo : Ist/ Net

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Direktur Pengadaan di Perusahaan Umum (Perum) Badan Urusan Logistik (Bulog), Tri Wahyudi, menyatakan, pihaknya memiliki komitmen untuk melakukan upaya jemput bola dalam menyerap gabah dari petani.

Tri menuturkan, pihaknya berencana mendatangi petani saat panen selesai. Pihaknya akan menyerap gabah dari petani sebanyak-banyaknya.  

“Kami (Bulog) siap melakukan upaya jemput bola,” kata Tri ketika ditemui wartawan di sela kegiatan safari panen raya besama Menteri Pertanian, Amran Sulaeman, di Kecamatan Lakbok, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Jum`at (10/03/2017).

Lebih lanjut, Tri menjelaskan, pembelian gabah yang dilakukan Bulog dilakukan sesuai dengan Harga Pokok Penjualan (HPP) yang ditetapkan pemerintah.

Saat ini, kata Tri, besaran HPP yang ditetapkan pemerintah yaitu Rp. 3.700 perkilogram, dengan kadar air antara 25 sampai 30 persen.  

Pada kesempatan itu, Tri menegaskan, Gudang Bulog siap menampung gabah hasil panen petani. Bila panen melimpah, Bulog juga meminta bantuan TNI menyediakan tempat untuk penyimpanan gabah.

Tri menambahkan, secara nasional Bulog saat ini sudah menyerap gabah sekitar 14 ribu ton perhari. Serapan gabah saat ini mengalami peningkatan dari sebelumnya yang hanya di kisaran 2000 ton perhari. (Deni/R4/HR-Online)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!