Tunggakan Peserta BPJS Kesehatan Ciamis Capai 20 Milyar

10/03/2017 0 Comments
Tunggakan Peserta BPJS Kesehatan Ciamis Capai 20 Milyar

Ilustrasi. Photo : Ist/ Net

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Kabupaten Ciamis melansir, jumlah tunggakan iuran peserta BPJS Kesehatan Mandiri di wilayah Kabupaten Ciamis mencapai sekitar angka Rp. 20 milyar.

Kepala Kantor Layanan Operasional (KLO) BPJS Kabupaten Ciamis, Drs. Wawan Nawawi, M.HP.,MM, ketika ditemui HR Online, di ruang kerjanya, membenarkan besaran tunggakan iuran peserta BPJS Kesehatan tersebut.

Akibat tunggakan iuran tersebut, Wawan menyebutkan, sekitar 45 persen masyarakat Ciamis belum bisa terkafer oleh layanan BPJS Kesehatan. Menurut dia, tunggakan iuran itu juga berpengaruh besar terhadap keuangan BPJS.

Sejak tahun 2014 hingga sekarang, Wawan melanjutkan, banyak peserta yang menunggak iuran. Alhasil, saat ini BPJS Kesehatan rentan mengalami kesulitan keuangan.

“Gara gara ini cash-flow kami terganggu,” katanya.

Meski begitu, Wawan menegaskan, BPJS Ciamis akan menempuh berbagai cara untuk mengatasi persoalan tersebut. Pihaknya akan gencar melakukan penarikan iuran kepada peserta BPJS Kesehatan.

BPJS Kesehatan akan bekerjasama dengan 10 kader JKN (Jaminan Kesehatan Nasional) untuk bertugas menagih tunggakan iuran peserta BPJS Kesehatan mandiri, sekaligus perekrutan peserta baru.

Untuk percepatan kepesertaan, Wawan menambahkan, pihaknya akan mendekatkan akses pendaftaran dengan datang langsung ke setiap kecamatan ataupun pemerintah desa. BPJS akan menjalin kerjasama dengan pemerintah kecamatan, desa dan Dinas Sosial (Dinsos).  

Wawan memprediksi, tunggakan iuran tersebut timbul akibat minimnya kesadaran masyarakat peserta BPJS Kesehatan membayar iuran tepat waktu. Kebanyakan dari peserta cenderung membayar iuran ketika mereka sakit atau perlu pergi ke dokter dan Rumah Sakit. (Heri/R4/HR-Online)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!