YRBK Banjar Gelar Lomba Menulis Surat untuk Wakil Rakyat

Pamflet lomba menulis Surat untuk Wakil Rakyat yang akan digelar Yayasan Ruang Baca Komunitas (YRBK) tingkat pelajar SMA/sederajat.

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),-

Setelah sukses menggelar deklarasi “Banjar Membaca” pada Hari Jadi Kota Banjar ke-14, Yayasan Ruang Baca Komunitas (YRBK) kembali membuat gebrakan baru dalam mendorong minat budaya literasi di Banjar, dengan menggelar perlombaan menulis Surat untuk Wakil Rakyat yang ditujukan kepada DPRD Kota Banjar.

Menyasar perlombaan untuk segmen para pelajar tingkat SMA sederajat, YRBK berobsesi menumbuhkembangkan kreatifitas, serta ide-ide cemerlang dari para pelajar di Kota Banjar, agar suara mereka benar-benar didengan oleh wakil rakyat yang duduk di parlemen.

Ketua Panitia, Ivan Mahendrawanto, menyebutkan, lomba menulis Surat untuk Wakil Rakyat merupakan media aktualisasi para pelajar pegiat literasi di Banjar, yang ditujukan kepada salah satu elemen dalam pemerintahan, khususnya DPRD.

“DPRD adalah wakil rakyat yang merupakan bagian penting dari pemerintah. Saat keluh kesah serta berbagai gagasan disampaikan kepada wakil rakyat, terlebih bila terealisasi, kami pikir ini akan menjadi satu kegiatan yang sangat bermanfaat untuk para pelajar,” terang Ivan, kepada Koran HR, Senin (13/03/2017) lalu.

Ia menilai, melalui kegiatan tersebut pihaknya berusaha memberikan media alternatif untuk berkomunikasi dengan wakil rakyat Banjar, meskipun tidak secara langsung. Kendati demikian, suara-suara para pelajar yang digoreskan melalui tulisan, nantinya akan sampai juga kepada DPRD Kota Banjar, dan optimis akan menjadi bahan pertimbangan untuk direalisasikan.

“Jadi, mereka kami ajak untuk meramaikan apa yang disebut demokrasi di Banjar. Bukan untuk kepentingan politik, namun untuk edukasi mereka agar ke depannya supaya mereka lebih semangat dalam berkontribusi untuk daerah, yakni Kota Banjar,” tandas Ivan.

Ketua YRBK, Siti Maroah, menambahkan, untuk perlombaan tersebut nantinya para pelajar mengirimkan tulisan tangannya melalui Pos, dengan batas waktu hingga tanggal 27 Maret 2017 mendatang, dan ditujukan ke alamat Sekretariat YRBK di Jalan Dewi Sartika, Gang Asem, RT.03, RW.05, No. 229, Lingkungan Parunglesang, Kelurahan/Kecamatan Banjar.

Siti Maroah mengatakan, bahwa lomba menulis yang digelar kali ini adalah dalam rangka meramaikan hari jadi YRBK tahun pertama yang jatuh pada tanggal 4 April 2017 mendatang. (Muhafid/Koran HR)

KOMENTAR ANDA

Komentar