120 Warga Binaan Lapas Ciamis Ikuti Khataman Al-Qur’an

21/04/2017 0 Comments
120 Warga Binaan Lapas Ciamis Ikuti Khataman Al-Qur’an

Photo: Ilustrasi net/Ist.

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Sebanyak 120 Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II B Kabupaten Ciamis, mengikuti Khataman Al-Qur’an yang digelar serentak di seluruh Lapas dan Rutan di Indonesia. Kegiatan tersebut dalam rangka Hari Bhakti Pemasyarakatan ke-53, bertempat di Masjid Lapas Kelas II B Ciamis, Kamis (20/04/2017).

“Kegiatan yang kami laksanakan ini secara bersama-sama secara online menggunakan video conferrnce, yang tersambung ke rumah tahanan negara dan lembaga pemasyarakatan di seluruh Indonesia,” terang Kepala Lapas Kelas II B Kabupaten Ciamis, Gumilar Budi Rahayu, kepada HR Online.

Dia juga mengatakan, membaca Al-Qur’an merupakan kegiatan aktifitas dalam melaksanakan ibadah yang sangat lekat dengan masyarakat muslim, khususnya di Indonesia. Bagi masyarakat muslim, membaca dan memahami kandungan isi Al-Qur’an secara bersama-sama merupakkan ibadah untuk meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa.

“Seiring dengan arus modernisasi dan kemajuan zaman, tentunya telah menggeseran sosial yang sangat signifikan di tengah-tengah masyarakat. Saat ini masyarakat mulai luntur terus digerus derasnya arus globalisasi yang dapat menimbulkan dampak negatif,” ungkapnya.

Gumilar berharap, kegiatan ini menjadi titik balik bagi seluruh WBP agar menjadi manusia seutuhnya yang menyesali perbuatannya, menyadari kesalahannya, bersedia memperbaiki diri dan berjanji untuk tidak mengulangi lagi tindak pidana yang telah dilakukannya.

“Saya sangat mengharapkan kegiatan khataman Al-Qur’an oleh WBP tidak menjadikan kegiatan seremonial, namun mambaca Al-Qur’an harus terus dilaksanakan setiap hari. Mulai dari sekarang, mari kita menggerakan hati dan menjadikan kegiatan ini sebagai sarana introspeksi dan momentum untuk mendekatkan diri kepada Tuhan Yang Maha Esa,” pungkas Gumilar. (Tantan/R3/HR-Online)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!