4 Rumah Warga Sukamaju Banjar Terancam Tebing Longsor

12/04/2017 0 Comments
4 Rumah Warga Sukamaju Banjar Terancam Tebing Longsor

Puluhan warga saat melihat proses evakuasi material tanah tebing yang mengalami longsor. Photo: Muhafid/HR​.

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),-

Tebing sepanjang 30 meter dengan ketinggian sekitar 10 hingga 20 meter yang terletak di RT. 02, RW. 04, Dusun Sukamaju, Desa Mulyasari, Kecamatan Pataruman, Kota Banjar, mengalami amblas pada Sabtu (08/04/2017) lalu, dan mengancam rumah warga sekitar yang persis berada di bawahnya.

Menurut Hamdan, salah seorang warga setempat, bahwa tebing yang berada di belakang rumahnya sudah sejak lama terus menghantui keluarga dan tetangganya. Pasalnya, ketika hujan turun, material tanah dari atas tebing selalu terbawa air hingga menutupi halaman rumah dan jalan yang ada di sekitarnya.

“Pada hari Sabtu kemarin, hujannya sangat besar dan tiba-tiba tebing yang berada di belakang rumah saya amblas hampir mengenai rumah. Beruntung tidak ada rumah yang rusak atau memakan korban jiwa,” tutur Hamdan, saat ditemui Koran HR, Selasa (11/04/2017).

Di lokasi yang sama, Redi Setiawan, Ketua RT. 02, mengatakan, akibat kejadian tersebut, dirinya langsung berkoordinasi dengan pihak pemerintah desa agar material longsor segera ditangani guna menghindari bencana yang lebih besar.

“Saat kejadian longsor itu, tebingnya sekitar 2 meter mengalami amblas. Karena tebingya berada persis di belakang empat rumah warga saya, yakni masing-masing bernama Ion, Hamdan, Wiwi dan Iroh cukup mengkhawatirkan, akhirnya kita minta bantuan langsung kepada BPBD Kota Banjar untuk dilakukan pengerukan tebing supaya lebih jauh dari rumah warga,” terang Redi.

Sementara itu, petugas BPBD Kota Banjar, Uman, berjanji bahwa pihaknya akan terus mengeruk tebing tersebut sampai selesai, hingga keamanan warga yang berada di bawahnya pun terjamin.

“Kami akan terus mengeruk hingga 7 hari mendatang, terhitung sejak hari ini (Selasa, 11/04/2017-Red), dengan menggunakan alat yang kami miliki. Mudah-mudahan semuanya berjalan lancar dan tebingnya tidak longsor lagi,” katanya. (Muhafid/Koran HR)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!