Akibat Gempa Tasik Dini Hari Tadi, 2 Rumah di Pawindan Ciamis Ambruk

24/04/2017 0 Comments
Akibat Gempa Tasik Dini Hari Tadi, 2 Rumah di Pawindan Ciamis Ambruk

Dua rumah warga di Dusun Pasirpeuteuy RT 01/RW Desa Pawindan, Kecamatan Ciamis, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, ambruk, setelah terjadi gempa yang berpusat di Tasikmalaya pada Senin (24/04/2017) dini hari tadi. Foto: Tantan Mulyana/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Akibat gempa yang terjadi pada pukul 01.01 WIB dini hari tadi dengan kekuatan 5,4 SR dan berlokasi di 8.10 LS, 107.86 BT barat daya Kabupaten Tasikmalaya, membuat tembok bangunan dua rumah warga di Dusun Pasirpeuteuy RT 01/RW Desa Pawindan, Kecamatan Ciamis, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, ambruk, Senin (24/04/2017).

Kaur Perencanaan dan Keuangan Desa Pawindan, Himawan, mengatakan, musibah ini terjadi ketika tembok bangunan rumah milik Okem yang sudah tak layak huni, roboh akibat digoyang gempa. Saat tembok bangunan rumah Okem roboh, lanjut dia, malah menimpa bangunan rumah milik tetangganya.

“Karena robohnya diguncang gempa, membuat tembok yang berjatuhan sedikit terhentak dan langsung menghantam tembok rumah yang berada di sampingnya. Akibatnya, rumah yang berada di sebelahnya pun ikut roboh setelah terbentur rerentuhan tembok rumah Okem,” ujarnya, kepada HR Online, Senin (24/04/2017).

Menurutnya, akibat digoyang gempa, bagian ruangan dapur dan satu ruang kamar rumah Okem yang sudah tak layak huni ini, ambruk. Beruntung, dalam kejadian ini tidak menimbulkan korban jiwa. “Semua penghuni rumah langsung berhamburan keluar rumah saat terjadi gempa yang cukup kencang itu. Sehingga tidak ada satupun yang terkena rerentuhan bangunan,” ujarnya.

Pihak desa, kata dia, sudah melaporkan ambruknya dua rumah warga ke Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Ciamis. “Kami berharap setelah mendapat laporan pihak BPBD segera memberikan bantuan kepada korban,” ujarnya.

Pihak desa pun, lanjut dia, sudah membentuk tim penanggulangan bencana untuk segera merenovasi dua bangunan rumah warga tersebut. “Akibat musibah ini, korban ditaksir mengalami kerugian material hingga puluhan juta rupiah. Karena selain tembok ambruk, ada beberapa barang-barang yang mengalami rusak akibat tertimpa reruntuhan,” pungkasnya. (Tantan/R2/HR-Online)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!