Bawa Ponsel ke Toilet, Jutaan Bakteri Masuk ke Tubuh Anda

Bawa Ponsel ke Toilet, Jutaan Bakteri Masuk ke Tubuh Anda

Photo: Ilustrasi net/Ist.

Berita Kesehatan, (harapanrakyat.com),-

Kebiasaan membawa telepon seluler (ponsel) ke toilet bisa merugikan bagi kesehatan. Kebiasaan tersebut membuat seseorang jadi mudah sakit. Kerugian lainnya yakni ada potensi ponsel masuk ke dalam bak atau toilet.

Dikutip dari Daily Mail, Kamis (16/02/2017), dokter Anchita Karmakar, menjelaskan, pada saat ke toilet membawa ponsel, sejumlah bakteri berbahaya bisa menempel di lapisan terluar perangkat tersebut, kemudian terbawa sampai Anda keluar dari toilet.

Bakteri-bakteri yang berpotensi menempel itu diantaranya salmonella, E.coli, shigella, dan campylobacter. Ada juga risiko virus menempel ke permukaan ponsel, sehingga nanti ketika makan lalu memegang ponsel, maka virus ikut menempel kemudian masuk ke dalam tubuh.

“Air dan partikel bisa membawa bakteri ke titik-titik kecil yang ada pada telepon. Kemudian, kondom ponsel biasanya terbuat dari karet yang menjadi tempat hangat dan nyaman bagi bakteri untuk tumbuh,” terang Karmakar.

Karmakar menyarankan untuk tidak membawa ponsel ke toilet, apalagi di tempat-tempat umum. Bila Anda memiliki kebiasaan membawa ponsel ke toilet, sebaiknya bersihkan menggunakan disinfektan. Beberapa cairan pembersih layar dapat membantu membunuh kuman dan bakteri yang menempel di ponsel. (Eva/R3/HR-Online)

KOMENTAR ANDA

Komentar

Related articles