Begini Cara Mahasiswa STAIMA Banjar Hafalkan Al Qur’an

05/04/2017 0 Comments
Begini Cara Mahasiswa STAIMA Banjar Hafalkan Al Qur’an

Pelantikan Pengurus Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Roudlotul Quro’ Wal Huffadz STAIMA Kota Banjar di Aula Kampus. Photo: Muhafid/HR.

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),-

Kitab suci Al Qur’an merupakan pemodan umat Islam yang isinya mudah untuk dihafal oleh semua kalangan, baik anak-anak, dewasa, maupun orang tua. Isi di dalamnya mencapai 30 juz dengan 114 surat dan 6.666 ayat.

Merupakan suatu prestasi tersendiri bagi orang muslim yang mampu menghafalnya, terlebih dengan janji Alloh SWT yang membuat umatnya berlomba-lomba untuk meraihnya. Meski demikian, namun masih banyak orang yang belum bisa membaca Al Qur’an, bahkan menghafalkannya. Terlebih untuk menafsirkannya yang memang membutuhkan berbagai bidang ilmu yang harus dikuasainya.

Untuk menjawab tantangan tersebut, sejumlah mahasiswa Sekolah Tinggi Agama Islam Miftahul Huda Al Azhar (STAIMA) Kota Banjar, membentuk sebuah Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang fokus dalam menghafalkan Al Qur’an.

“Anggota kami sekitar 103 mahasiswa dari berbagai semester yang ada. Meski mayoritas anggota kami dari mahasiswi, namun kegiatan terus berjalan secara rutin baik mingguan secara internal maupun bulanan bersama masyarakat di kampus,” kata Umi Farkhatun, Ketua UKM Roudlotul Quro’ Wal Huffadz (RQH) STAIMA Kota Banjar, kepada Koran HR disela-sela pelantikan pengurus RQH, Selasa (04/04/2017).

Dengan adanya UKM RQH, imbuh Umi, selain mengembangkan salah satu ciri khas kampus, juga merupakan sarana pengembangan mahasiswa yang ingin serius dalam mempelajari Al Qur’an. Bahkan, masyarakat pun bisa bergabung dalam rutinan tiap bulan yang digelar UKM tersebut.

“Alhamdulillah dengan banyaknya mahasiswa yang ikut, kami yakin para lulusan yang hafal Al Qur’an dari kampus kita akan semakin membawa kebaikan baik secara pribadi maupun di tengah-tengah masyarakat,” katanya.

Sementara itu, Ary Anggraini, Presiden Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) STAIMA Kota Banjar, mengatakan, dari berbagai kegiatan mahasiswa yang dikelompokkan dalam UKM, RQH merupakan salah satu UKM unggulan yang ada di STAIMA. Sebab, idaman banyak orang adalah bisa menghafal Al Qur’an secara keseluruhan.

“Proses menghafalnya mahasiswa langsung dibimbing oleh dosen maupun civitas akademika yang sudah memang sudah hafal Al Qur’an. Kami selaku perwakilan mahasiswa tentu berharap agar masing-masing mahasiswa bisa meraih prestasi dengan UKM yang ada,” tegasnya.

Di tempat yang sama, KH. Munawir Abdurrohim, Ketua Badan Penyelenggara Perguruan Tinggi (BPPT) STAIMA Kota Banjar, mengatakan, dirinya berharap dengan adanya UKM yang sudah lama berjalan tersebut terus berkembang dengan melakukan rekrutmen kepada mahasiswa. Hal tersebut ia himbau agar nantinya para lulusan STAIMA menjadi orang yang bermanfaat bagi masyarakat.

“Intinya dengan kita berusaha menghafal Al Qur’an, hingga benar-benar hafal, kami yakin akan mendapatkan keberkahan baik di dunia maupun di akhirat nanti,” singkatnya. (Muhafid/R3/Koran-HR)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!