Bupati Ciamis Ajak Masyarakat Infak Rp.1000 Pertahun

12/04/2017 0 Comments
Bupati Ciamis Ajak Masyarakat Infak Rp.1000 Pertahun

Bupati Ciamis, H. Iing Syam Arifin, saat memberikan keterangan kepada sejumlah awak media, terkait himbauan infaq Rp.1.000 per tahun. Photo: Heri Herdianto/HR.

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Bupati Ciamis, H. Iing Syam Arifin, mengimbau masyarakatnya untuk infak Rp.1.000 setahun sekali saat membayar zakat fitrah di bulan Ramadhan. Terkait hal itu, pemerintah daerah rencananya akan melayangkan Surat Edaran kepada pemerintah kecamatan dan desa, untuk selanjutnya diteruskan ke masyarakat.

“Infaq tersebut tidak akan mengganggu pembayaran zakat fitrah, karena hanya tambahan saja. Mengingat bila hal ini dilakukan, maka kegiatan-kegiatan keagamaan di Kabupaten Ciamis akan meningkat, sehingga akan terwujudnya masyarakat yang sejahtera,” terangnya, kepada sejumlah awak media, usai menghadiri Pelantikan Kepala Desa Karangkamulyan, Kecamatan Cijeungjing Kabupaten Ciamis, Selasa (11/04/2017).

Lanjut Iing, nanti pengelolaannya diserahkan kepada Baznas Ciamis, untuk kemudian disalurkan kembali kepada masyarakat guna menunjang kegiatan keagamaan maupun memberikan bantuan.

Ia menilai, bila program infaq tersebut berjalan, diperkirakan dalam satu tahun madrasah maupun Paud yang ada di Kabupaten Ciamis, minimalnya bisa mendapat bantuan sebesar Rp.50 juta.

Dengan begitu, setidaknya akan ada 200 madrasah dan Paud yang akan mendapat bantuan dalam setiap tahunnya. Sehingga, sarana pendidikan madrasah dan Paud bisa terus meningkat.

“Bisa juga nantinya infaq tersebut digunakan untuk pemberdayaan masyarakat. Sangat ringan 1.000 rupiah dalam satu tahun,” katanya.

Karena menurut Iing, dengan jumlah penduduk Kabupaten Ciamis yang hampir mencapai 1,4 juta orang itu, bila infaq sebesar Rp.1.000 dikumpulkan dalam satu tahun sekali, maka akan terkumpul Rp.1 miliar.

Dengan nominal yang cukup besar itu nantinya akan didistribusikan kembali kepada masyarakat untuk kegiatan keagamaan di lembaga seperti Paud maupun madrasah, sesuai yang direncanakan.

“Setiap orang yang bernyawa tentunya harus membayar zakat fitrah. Jadi saya mengimbau ditambah 1.000 rupiah untuk di Baznas Kabupaten Ciamis. Sedangkan di unit pelaksana zakat kecamatan dan desa sebesar 500 rupiah. Itu sebagai infaq, sehingga nantinya dari infak yang 1.000 rupiah bisa dipergunakan lagi oleh masyarakat untuk pendidikan atau kegiatan keagamaan,” tandasnya. (Heri/R3/HR-Online)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!