Cegah Jerawat, Peneliti Ciptakan Vaksin Baru

10/04/2017 0 Comments
Cegah Jerawat, Peneliti Ciptakan Vaksin Baru

Photo: Ilustrasi net/Ist

Berita Gaya Hidup, (harapanrakyat.com),-

Jerawat menjadi salah satu masalah kulit yang menyebalkan bagi semua orang. Kemunculannya membuat seseorang tersebut menjadi berkurang kepercayaan dirinya.

Menurut British Skin Foundation, dilansir dari Metro.co.uk, hampir 80 persen jerawat pernah dialami oleh seseorang pada saat-saat tertentu, yakni pada usia 11 hingga 30 tahun. Karena hal itu, para ilmuan di University of California San Diego terdorong untuk menciptakan sebuah vaksin yang bisa melawan racun yang menimbulkan jerawat tumbuh.

Menurut Eric C. Huange, peneliti utama proyek tersebut, mengatakan, sebagian besar jerawat ditimbulkan oleh bakteri P.acnes yang berada di dalam tubuh seumur hidup seseorang. Meski dirinya tidak bisa menciptakan vaksin baru, karena bakteri P.acnes baik untuk tubuh, namun pihaknya mengaku telah menemukan antibody terhadap protein racun yang disekresikan oleh P.acnes ke kulit. Protein tersebut sangat erat kaitannya dengan peradangan yang menimbulkan jerawat tumbuh.

Dia menjelaskan, melalaui suntikan vaksin yang ditemukan tersebut dapat mengahalau efek pemicu jerawat dari bakteri P.acnes tanpa harus membunuh semua. Setelah diujicoba, vaksin tersebut bekerja pada biopsi kulit hasil pengumpulan peneliti dari pasien yang memiliki masalah jerawat. Kemudian mereka melakukan uji klinis kepada manusia dan berencana akan dilakukan di beberapa tahun yang akan datang. (Muhafid/R6/HR-Online)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!