Dinas PUPRP Ciamis Siap Realisasikan Rp. 201 miliar

09/04/2017 0 Comments
Dinas PUPRP Ciamis Siap Realisasikan Rp. 201 miliar

Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang dan Pertanahan Kabupaten Ciamis, Kusdiana. Photo: Eli Suherli/HR

Berita Ciamis,(harapanrakyat.com),-

Program pembangunan di Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang dan Pertanahan Kabupaten Ciamis tahun anggaran 2017 menganggarkan sekitar Rp. 201 miliar yang berasal dari Dana Alokasi Khusus (DAK), Dana Alokasi Umum (DAU) dan Bantuan Provinsi (Banprov) dan anggaran tersebut di bagi menjadi empat bidang pekerjaan.

Menurut Kepala Dinas PUPRP, Kusdiana, setelah selesai tahapan pertama, yaitu penghitungan anggaran dan jumlah pekerjaan, saat ini pihaknya sedang menyiapkan tahapan untuk lelang. Sehingga, yang direncanakan akan bisa segera dilaksanakan.

“Kini tinggal lelang saja. Artinya program pembangunan yang berada di dinas PUPRP sudah siap untuk dilaksanakan kembali dalam anggaran murni tahun 2017. Dengan begitu, program pembangunan yang berkelanjutan bisa terus dijalankan sesuai dengan keinginan masyarakat,” ungkapnya kepada Koran HR, Senin (03/04/2017) lalu.

Anggaran Rp 201 miliar lebih itu, lanjut Kusdiana, akan dialokasikan untuk perbaikan jalan, jembatan, irigasi dan pembangunan gedung kantor kecamatan serta gedung DPRD Ciamis. Namun semuanya akan direalisasikan ketika proses lelang selesai.

Ia menambahkan, untuk perbaikan jalan dan jembatan, alokasi anggarannya sekitar Rp. 150 miliar. Perbaikan tersebut dimaksud untuk pengaspalan hotmix Rp. 50 miliar dan sisananya untuk aspal lapen serta pembangunan 13 jembatan. Sementara itu, untuk perbaikan jaringan irigasi ada sekitar 114 kegiatan dengan anggaran Rp. 32,4 miliar dan Rp. 18,5 miliar untuk membangun kecamatan dan juga gedung DPRD Ciamis.

“Mudah-mudahan pertengahan bulan April tahun 2017 proses lelang sudah bisa dilaksanakan dan program pembangunan sudah terlaksana dengan baik supaya anggaran yang sudah terserap bisa digunakan seusai tahapan yang dilaksanakan kami,” jelasnya.

Lebih jauh, Kusdiana menegaskan untuk proses lelang semuanya sudah dipersiapkan dan sudah tidak ada perubahan lagi. Artinya, semua pekerjaan yang sudah siap dilelangkan tidak berubah. Sehingga apa yang diharapkan oleh warga masyarakat bisa segera terwujud seperti halnya pengaspalan jalan dengan hotmix.

Bahkan, kata Kusdiana, sesuai dengan keinginan Bupati Ciamis, Iing Syam Arifin, untuk pengaspalan hotmix bisa selesai sebelum lebaran. Maka dari itu, proses tahapan untuk perbaikan jalan berkas lelangnya dalam awal bulan ini akan segera masuk tahapan lelang.

“Kita tunggu saja proses lelang dalam bulan ini. Pekerjaan sudah bisa dilaksanakan sesuai tahapan. Untuk itu, kami menghimbau kepada seluruh warga masyarakat supaya senantiasa menjaga dan merawat hasil dari program pembangunan yang dilaksanakan pemerintah Ciamis,” pungkasnya. (Es/R6/Koran HR)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!