Dirjen Cipta Karya RI Rencanakan Bangun TPS 3R di Rejasari Banjar

12/04/2017 0 Comments
Dirjen Cipta Karya RI Rencanakan Bangun TPS 3R di Rejasari Banjar

Photo: Ilustrasi net/Ist.

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),-

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, melalui Direktorat Jenderal Cipta Karya RI, pada tahun 2017 ini akan membangun Tempat Pembuangan Sampah Reuse, Reduce, dan Recyle (TPS 3R) di wilayah Pasiranji, tepatnya di Dusun Bantardawa, RT.05, RW.03, Desa Rejasari, Kecamatan Langensari, Kota Banjar, Jawa Barat.

Hal itu terungkap saat fasilitator pada program tersebut melakukan koordinasi lanjutan dengan pemerintah dan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) setempat guna membahas persiapan sosialisasi, di ruangan Kepala Desa Rejasari, Rabu (12/04/2017).

“Di tahun 2017 ini, Kota Banjar mendapat satu paket bantuan pembangunan TPS 3R dari APBN yang jumlahnya sekitar 550 juta rupai. Pilihan lokasinya di wilayah Desa Rejasari. Jadi rencana lokasi di sini baru 70 persen,” kata Fasilitator TPS 3R, Iwan Suandi, saat ditemui HR Online.

Sedangkan, untuk kepastian 100 persennya nanti setelah pihaknya mendapatkan aspiratif atau respon dari masyarakat ketika dilaksanakan sosialisasi pada minggu depan. Diharapkan lokasi TPS 3R bisa terlaksana di wilayah itu. Telebih pemdes setempat sebelumnya telah mengajukan program tersebut.

Iwan juga menjelaskan, bahwa TPS 3R merupakan program berbasis masyarakat, sehingga pembangunannya dikerjakan masyarakat melalui Kelompok Sosial Masyarakat (KSM) yang ada di lingkungan bersangkutan.

“Setelah dibangun, pengelolaannya pun oleh masyarakat agar dimanfaatkan untuk mengelola limbah, dengan pendampingan kami dan dari Dinas Kebersihan dan Lingkungan Hidup Kota Banjar,” terang Iwan.

Alfi, Fasilitator TPS 3R lainnya, menambahkan, selain mengurangi limbah rumah tangga, pengelolaan sampah dengan sistem 3R juga bertujuan untuk memberdayakan masyarakat sekitar.

“Pemanfaatan limbah dengan 3R tentunya dapat meningkatkan pendapatan masyarakat,” tandasnya. (Nanks/R3/HR-Online)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!