Fantastis, Biaya Pilkades 9 Desa di Pangandaran Hampir Rp.1 Miliar

26/04/2017 0 Comments
Fantastis, Biaya Pilkades 9 Desa di Pangandaran Hampir Rp.1 Miliar

Bupati Pangandaran, Jeje Wiradinata, saat melantik sembilan kepala desa terpilih hasil Pilkades serentak yang telah dilaksanakan di sembilan desa. Photo: Entang SR/HR.

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),-

Biaya penyelengaraan Pilkades secara serentak di Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, yang diikuti sembilan desa, hingga pelaksanaan pelantikan para kepala desa terpilih hari Selasa (25/04/2017) kemarin, di Aula Setda Pemkab. Pangandaran, jumlahnya mencapai sekitar Rp.1 miliar.

Kepala Bidang Pemerintahan Masyarakat Desa Dinas Sosial dan Pemerintahan Masyarakat Desa (Dinsos PMD) Kabupaten Pangandaran, Saefuloh, mengatakan, untuk penyelenggaraan Pilkades di sembilan desa memang memakan biaya yang besar, salah satunya biaya pengamanan.

“Untuk biaya pengamanan di sembilan desa secara keseluruhan kurang lebih mencapai 400 juta rupiah. Sedangkan, untuk biaya Pilkadesnya sebesar 384 juta rupiah dan biaya operasional sebesar 78 juta rupiah,” terangnya, kepada HR Online, Rabu (26/04/2017).

Lebih lanjut Saepul mengatakan, bahwa untuk bantuan keuangan penyelengaraan Pilkades di sembilan desa mencapai Rp.3.814.500. Dana tersebut merupakan hibah dari bantuan keuangan APBD Kabupaten Pangandaran yang diberikan kepada masing masing desa.

Selain itu, untuk kegiatan operasional pemdes menghabiskan biaya sebesar Rp.79 juta, dan biaya tersebut belum termasuk biaya pelantikan. Jika ditotalkan secara keseluruhan, biaya Pilkades di sembilan desa jumlahnya kurang lebih mencapai Rp.1 miliar.

“Memang angka sebesar itu sangat fantastis untuk ukuran Pilkades,” kata Saefuloh.

Besarnya dana yang dikeluarkan Pemerintah Kabupaten Pangandaran dalam pelaksanaan Pilkades serentak di sembilan desa itu menimbulkan pertanyaan bagi sejumlah masyarakat.

Seperti diungkapkan Asep Firman (49), salah seorang warga Pangandaran. Dirinya mengaku kaget dengan anggaran Pilkades yang begitu besar. Menurutnya, anggaran untuk Pilkades sembilan desa cukup dengan Rp.300 juta.

“Anggarannya jangan terlalu besar lah. Kita bicara tentang kemajuan Pangandaran kedepannya, jadi jangan sampai anggaran hampir 1 milyar itu jauh dari apa yang diharapkan pemekaran sebelumnya. Di mana kesejahteraan masyarakat, terutama dalam kesiapan pemerintah dalam membangun sarana infrastruktur, itu jauh lebih baik,” ujar Asep. (Ntang/R3/HR-Online)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!