Hari Bhakti Pemasyarakatan ke-53, Lapas Ciamis Opsih di Halaman Mesjid Agung

17/04/2017 0 Comments
Hari Bhakti Pemasyarakatan ke-53, Lapas Ciamis Opsih di Halaman Mesjid Agung

Kepala Lapas Kelas II B Ciamis, Gumilar Budi Rahayu (memakai topi-red), sedang memantau warga binaannya yang tengah melakukan kegiatan bersih-bersih di sekitar halaman Mesjid Agung Ciamis. Photo: Tantan Mulyana/HR.

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Dalam rangkaian Hari Bhakti Pemasyarakatan ke-53, Warga Binaan Permasyarakatan (WBP) serta seluruh jajaran Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Kelas II B Kabupaten Ciamis, menggelar kegiatan Bhakti Sosial dengan melakukan bersih-bersih di halaman Masjid Agung Ciamis, Senin (17/04/2017).

“Dalam kegiatan ini, sebanyak 17 warga binaan beserta seluruh jajaran Lapas Kelas II B Ciamis melakukan bersih-bersih sampah yang berada di lingkungan Masjid Agung Ciamis,” kata Kepala Lapas Kelas II B Ciamis, Gumilar Budi Rahayu, kepada HR Online.

Dia juga mengatakan, bahwa masyarakat menilai penghuni Lapas merupakan pelaku kejahatan. Namun, dengan digerakkannya aksi tersebut akan mengubah penilaian masyarakat terhadap penghuni Lapas. Selain itu, aksi bersih-bersih fasilitas umum ini juga bertujuan untuk mengintegrasikan pengenalan warga binaan dengan masyarakat. Karena, ke 17 warga binaaan tersebut tidak lama lagi akan bebas sehingga harus ada penyesuaian dengan lingkungan.

“Dengan hal seperti inilah, warga binaan bisa menyesuaikan diri sebagai gambaran untuk kembali berbaur dengan lingkungan, terutama tempat tinggalnya,” tutur Gumilar.

Pihaknya berharap, dalam kegiatan ini seluruh warga, khususnya yang berada di Lapas Ciamis, tidak melakukan perbuatan yang dapat merugikan orang lain, dan harus mampu bersosialisasi dengan masyarakat. Terutama keahlian yang telah diberikan selama masa pembinaan harus menjadi bekal hidup ketika mereka ke luar dari Lapas.

“Semoga dengan kegiatan bersih-bersih kali ini dapat memberikan semangat kapada seluruh warga binaan setelah sekian lama berada di Lapas, dan yang paling utama adalah menumbuhkan jiwa sosial yang tinggi, serta berguna bagi lingkungan,” harapnya.

Pantauan HR Online di lapangan, seluruh warga binaan Lapas Ciamis langsung membersihkan sampah yang berserakan di sekitar halaman Masjid Agung Ciamis. Mereka terlihat berbaur dengan petugas kebersihan masjid, lengkap dengan peralatan sapu, pengki dan pemotong rumput. (Tantan/R3/HR-Online)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!