Hindari Prilaku Tidak Etis Akibat Kurang Tidur

06/04/2017 0 Comments
Hindari Prilaku Tidak Etis Akibat Kurang Tidur

Photo: Ilustrasi net/Ist.

Berita Kesehatan, (harapanrakyat.com),-

Betapa pentingnya tidur malam yang baik bagi kesehatan kita. Karena dengan waktu tidur yang cukup, kita akan mampu meningkatkan perilaku etis dan keterampilan pengambilan keputusan.

Sebuah penelitian menunjukkan seberapa banyak tidur yang Anda dapatkan, dan apakah Anda termasuk orang yang bekerja pagi atau malam hari. Secara signifikan, ternyata hal itu bisa berdampak terhadap keadaan pikiran Anda. Lantaran, rasa kantuk akan dapat menyebabkan perilaku yang tidak etis dan berbahaya.

Seperti yang diketahui dari satu studi yang disurvei pada sekelompok perawat sebelum dan sesudah shift kerja mereka. Dari hasil penelitian menunjukkan perawat yang tidur malamnya kurang dari 6 jam, lebih mungkin untuk melakukan tindakan tak etis di tempat kerja, seperti membuat komentar menyakitkan di medsos, atau dalam bekerjanya lambat.

Kurang tidur malam juga dapat merusak korteks prefrontal otak yang mendukung self-regulation dan emosi. Hal ini bisa mengurangi kemampuan Anda mengontrol suasana hati negatif dan kemarahan, serta meningkatkan adenosin di otak, dan neuromodulator yang menurunkan aktivitas sel otak Anda.

Namun menariknya, kafein mampu menghalangi reseptor adenosin di otak Anda dan meningkatkan ketersediaan glutamat, neurotransmitter rangsang utama otak. Inilah salah satu keistimewaan kopi, sehingga orang yang begadang malam biasanya selalu mengkonsumsi minuman kopi.

Sebab, kafein juga dapat meningkatkan perilaku etis bila Anda kurang tidur. Meski demikian, namun memiliki tidur yang cukup masih jauh lebih baik daripada menutupi kelelahan dengan kafein. (Eva/R3/HR-Online)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!