Ibu-Ibu di Rejasari Banjar Dilatih Diversifikasi Pangan

13/04/2017 0 Comments
Ibu-Ibu di Rejasari Banjar Dilatih Diversifikasi Pangan

Peserta pelatihan diversifikasi  usaha saat mempraktekan pembuatan makanan olahan berbahan baku pepaya, di aula desa setempat, Rabu (12/04/2017). Photo : Nanang Supendi/HR

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),-

Dinas UMKM, Koperasi dan Perdagangan Kota Banjar memberikan pelatihan diversifikasi  usaha kepada 40 petani pepaya Desa Rejasari, Kec. Langensari, di aula desa setempat, Senin-Kamis (10-13/04/2017).

Kabid Industri, Neneng Widya Hastuti, di sela-sela kegiatan, kepada HR Online, Rabu (12/04/2017) mengatakan, pembinaan kemampuan teknologi industri pada 40 IKM ini diarahkan peningkatan hasil pertanian pepaya California, berupa diversifikasi produk makanan olahan, dengan mendatangkan instruktur dari Universitas Pasundan (Unpas) Bandung.

“Peserta yang terdiri dari Ibu-ibu, kami ajarkan tujuh jenis makanan olahan berbahan baku pepaya,” kata Neneng.

Dia menjelaskan, ketujuh jenis makanan olahan berbahan baku pepaya yang diajarkan itu saos, manisan rasa permen, kerupuk, manisan basah, pikel pedas, donat dan glazed pepaya.

“Semua praktek itu diberikan dihari ketiga dan keempat pelatihan, dan sebelumnya selama dua hari diberikan teori,” jelasnya.

Kedepan setelah mengikuti pelatihan, lanjut Nenang, para IKM produk makanan olahan berbahan baku pepaya ini akan dibina lebih lanjut seperti pembuatan kemasan, PIRT dan halal.

“Hal itu penting diperhatikan guna mendukung pemasarannya supaya konsumen tertarik,” ucapnya.

Sementara itu, salah satu peserta pelatihan, Aas menyebutkan, pembinaan dan pelatihan seperti ini ditunggu-tunggu sejak lama saat hasil pepaya California di wilayah desa ini melimpah.

“Sekarang kan hasil pertanian pepaya di sini menurun, tapi tak apa bagus karena masih ada kebun pepaya warga yang berbuah. Kita bisa berinovasi membuat olahan makanan dari pepaya untuk menambah penghasilan,” ucapnya. (Nanks/R5/HR-Online)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!