Ini Bahayanya Jika Anak Usia Dini Sudah Main Gadget

Ini Bahayanya Jika Anak Usia Dini Sudah Main Gadget

Photo: Ilustrasi net/Ist.

Berita Teknologi, (harapanrakyat.com),-

Menatap layar gadget secara berlebihan bisa menimbulkan gangguan pada mata, terutama anak-anak, bahkan mereka akan mengalami ketergantungan perangkat elektronik yang dapat bertahan seumur hidup.

Dalam Journal of the International Child Neurology Association, menunjukkan bukti bahwa paparan komputer yang tinggi dapat mengubah struktur otak.

Dikutip dari Dailymail, Selasa (25/04/2017), Dr. Aric Sigman, psikolog pendidikan kesehatan anak, mengatakan, kebanyakan anak akan melihat layar dan tidak akan ketagihan, seperti kebanyakan orang yang minum tidak akan menjadi pecandu alkohol.

“Tapi, bagi mereka yang memiliki kecenderungan genetik, keterpaparan dini dan tinggi selama beberapa tahun bisa mengaturnya untuk ketergantungan,” terangnya.

Dalam aplikasi smartphone yang bernama OTOMOS, memungkinkan para orang tua mengatur pembatasan waktu, serta mencegah anak-anak menggunakan perangkat ketika berjalan. Aplikasi ini diciptakan Momo Ltd, sebuah perusahaan patungan Jepang yang berbasis di kota Kobe, Barat Jepang.

Aplikasi tersebut tentu dapat membantu orang tua mengontrol anak-anak mereka dalam menggunakan perangkat. Apabila anak melebihi batas, maka layar akan secara otomatis beralih ke mode tidur. (Eva/R3/HR-Online)

KOMENTAR ANDA

Komentar

Related articles