Jelang Pilkada Banjar 2018, KPU Gelar Lomba Cipta Maskot Pilwalkot

13/04/2017 0 Comments
Jelang Pilkada Banjar 2018, KPU Gelar Lomba Cipta Maskot Pilwalkot

Photo: Ilustrasi net/Ist

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),-

Menyambut Pemilihan Umum Walikota dan Wakil Walikota (Pilwalkot) Banjar yang direncanakan penyelenggaraannya pada pertengahan 2018 mendatang, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Banjar, berinisiatif mengadakan lomba cipta Maskot Pilwalkot Banjar 2018. Total hadiah yang disediakan bagi pemenang sebesar Rp.7,5 juta.

Ketua KPU Kota Banjar, Dani Danial Mucklis, mengatakan, inisiatif lomba cipta Maskot Pilwalkot Banjar 2018 merupakan salah satu bentuk ajakan kepada masyarakat untuk terlibat langsung pada pesta demokrasi di daerahnya.

“Dalam lomba ini tertanam filosofi bahwa warga Kota Banjar selain tergerak berpartisipasi, juga sama-sama mesti berkompetisi. Jadi bukan hanya calon walikota saja yang berkompetisi, semua warga juga berkesempatan berkompetisi seperti dalam bentuk lomba yang kita agendakan tersebut,” kata Danial, kepada Koran HR, Selasa (11/04/2017) lalu.

Intinya, dengan diadakannya lomba tersebut diharapkan hasilnya bisa menjadi media atau symbol yang dapat mengajak masyarakat Kota Banjar, untuk turut serta memilih pada Pilwalkot Banjar nanti.

Untuk ketentuan karakter yang diikutsertakan harus sesuai dengan tema dan menggambarkan identitas Banjar, baik kultur (kebudayaan) maupun kontur (kebendaan). Selain itu, karya yang dibuat bersifat original atau belum pernah diikutsertakan dalam lomba lain.

Kemudian, karya dibuat dalam format corel draw dengan menampilkan satu karakter utuh (fill shot), peserta menggambarkan lima ekspresi berbeda pada karakter yang dibuat, menyampaikan deskripsi karakter meliputi historis dan filosofis maskot.

Bagi warga Banjar yang berminat mengikuti lomba ini minimal berusia 17 tahun, namun tidak diperbolehkan bagi pejabat atau pegawai KPU beserta keluarganya. Lomba tersebut tidak dipungut biaya apapun alias gratis.

Formulir pendaftaran sudah bisa diambil di Kantor KPU Banjar dari sekarang, dengan batas akhir penyerahan karya tanggal 26 Mei 2017. Selanjutnya, tanggal 27 Mei-9 Juni 2017, KPU akan menyortir karya untuk diambil lima besar.

“Ke lima karya terpilih akan divoting melalui media social dari tanggal 9 Juni sampai dengan 26 Juli 2017. Hal itu untuk menentukan pemenang atau satu karya yang terbaik,” pungkas Danial. (Nanks/Koran HR)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!