Kadisdikpora Minta Generasi Muda Pangandaran Jangan Lupa Tanah Kelahirannya

19/04/2017 0 Comments
Kadisdikpora Minta Generasi Muda Pangandaran Jangan Lupa Tanah Kelahirannya

Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Pangandaran, Surman, saat memberikan keterangan kepada sejumlah wartawan, terkait sistem pendidikan di Pangandaran. Photo: Entang SR/HR.

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),-

Untuk mencapai nilai indikator nilai angka partisipasi kasar (APK) di Pangandaran, Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Pangandaran, menerapkan sistem pendidikan berkarakter berbasis muatan lokal.

Kepala Disdikpora Kabupaten Pangandaran, Surman, Rabu (19/04/2017), mengatakan, sistem pendidikan tersebut merupakan implementasi dari program kerjasama antara Kemendikbud RI dan Kemenpar RI, dengan mengharuskan anak diberikan pemahaman tentang muatan lokal yang menjadi khas daerahnya.

“Dengan sistem ini, siswa dan guru setiap hari Sabtu dan Minggu harus mengenal budaya serta potensi Pangandaran, salah satunya pariwisata. Silahkan anak bermain dan menggunakan waktunya untuk berwisata ke Pangandaran,” terangnya.

Karena, dengan cara seperti itu secara perlahan guru/pengajar sudah mengenalkan langsung jati diri anak didiknya sebagai warga Pangandaran. Sehingga, pihaknya pun mengeluarkan himbauan pada setiap sekolah yang berada di Kabupaten Pangandaran, untuk melengkapi fasilitas sekolah dengan cara mengenalkan ikon Pangandaran, yaitu Ikan Blue Marlin, atau lebih populis dengan sebutan Ikan Jangilus.

“Ikan tersebut merupakan ikon Pangandaran. Jadi jangan sampai menjawab tidak tahu saat siswa ditanya soal apa itu ikon Kabupaten Pangandaran,” tandas Surman. (Ntang/R3/HR-Online)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!