Kata Psikolog, Selfie Saat Gym Salah Satu Gejala Narsis

19/04/2017 0 Comments
Kata Psikolog, Selfie Saat Gym Salah Satu Gejala Narsis

Photo: Ilustrasi net/Ist.

Berita Gaya Hidup, (harapanrakyat.com),-

Sebuah studi yang dilakukan oleh Brunel University di London menunjukkan bahwa orang yang mem-posting penampilannya saat menjalani program diet, olahraga dan prestasi mengalami kecenderungan narcissits.

Dilansir Metro.co.uk, psikolog di universitas tersebut mengumpulkan data dari 555 pengguna Facebook, guna memeriksa ciri-ciri kepribadian serta motif yang mempengaruhi mereka memilih untuk menulis upate terbaru dari status mereka.

Masing-masing peserta diminta menyelesaikan sebuah survei online yang mengukur harga diri dan narsisme, serta lima besar ciri kepribadian lainnya, yakni ekstroversi, neurotisisme, keterbukaan, keramahan dan kesadaran.

Hasil dari survei menemukan banyak pengguna yang memiliki kecenderungan narsis dengan mem-posting status mengenai diet mereka, dan latihan rutinnya. Selain itu, mereka pun lebih ingin berbagi informasi tentang prestasinya. Hal itu didorong oleh kebutuhan akan perhatian dan pengakuan.

Meski begitu, dosen psikologi, Dr. Tara Marshall, menganggap bahwa sikap narsis ini timbul karena dihadapkan pada dua sisi keinginan, salah satunya supaya orang menekan tombol ‘like.’

“Walaupun hasil studi kami menunjukkan para narcissits merasa terbayar ketika menerima lebih banyak penyuka dan komentar pada update status mereka, tapi bisa saja teman-teman Facebook mereka dengan sopan menawarkan dukungan, sementara diam-diam mereka juga tidak menyukai sifat egois seperti itu,” terangnya.

Dia juga mengatakan, kesadaran yang besar tentang bagaimana update status bisa dirasakan oleh teman-teman untuk membantu orang menghindari topik yang mengganggu. Hal itu dianggap lebih menghibur mereka.

“Karena, selama kita tak punya waktu untuk melakukan selfie saat gym dan memenuhi laman media sosial, itu artinya kita sangat tidak memperhitungkan seseorang untuk terlalu peduli dengan apa yang orang lain pikirkan pada update mereka,” kata Marshall. (Eva/R3/HR-Online)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!