Kenapa yang Suka Selingkuh Sulit Berubah? Ini Kata Peneliti

05/04/2017 0 Comments
Kenapa yang Suka Selingkuh Sulit Berubah? Ini Kata Peneliti

Photo: Ilustrasi net/Ist

Berita Gaya Hidup, (harapanrakyat.com),-

Perselingkuhan dalam sebuah hubungan percintaan memang tidak ada seorangpun yang mengharapkannya. Namun pada kenyataannya, seseorang yang kedapatan melakukan selingkuh justru akan mengulanginya kembali meskipun tidak akan diakuinya.

Dilansir dari laman metro.co.uk, berdasarkan sebuah studi yang dilakukan peneliti di University College yang dipublikasikan dalam Nature Neuroscience, perselingkuhan sangat erat kaitannya antara tanggapan otak dan perasaan manusia terhadap tindakan berbohong.

Untuk mengetahui hal tersebut, para peneliti mengumpulkan sejumlah pasangan dan meminta pasangan mereka menebak isi koin dalam gambar sebuah kaleng yang sengaja diburamkan. Aturannya, jika tebakan pasangan partisipan tersebut melebihi jumlah koin yang disediakan, maka akan mendapatkan hadiah berupa uang.

Begitu diamati secara seksama oleh para peneliti, alhasil para peserta pun banyak yang berbohong dan melebih-lebihkan apa yang ada di dalam kaleng tersebut. Selain itu, peneliti juga mengamati amygdala peserta, bagian otak yang mengatur emosi, saat melakukan tindakan berbohong.

“Pada saat peserta semakin sering berbohong, amygdala justru semakin menurun yang artinya rasa penyesalan peserta semakin berkurang. Dari contoh tersebut, dapat disimpulkan bahwa saat pasangan Anda melakukan selingkuh pertama kalinya akan merasa tidak enak, gelisah serta merasa bersalah. Namun, pada tindakan selingkuh selanjutnya rasa bersalah semakin berkurang,”  kata penulis studi dan juga peneliti dari Princeton Neuroscience Institute, Neil Garrett. (Muhafid/R6/HR-Online)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!