Kesenian Ebeg Asli Ciamis Butuh Legalitas dari Pemerintah

02/04/2017 0 Comments
Kesenian Ebeg Asli Ciamis Butuh Legalitas dari Pemerintah

Ketua Paguyuban Seni Budaya Ebeg Kecamatan Lakbok, Zaenudin (pakai baju merah-red). Photo: Tantan Mulyana/HR.

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Pelaku kesenian Ebeg asli daerah Kecamatan Lakbok, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, mengeluhkan soal legalitas seni budaya asli Ciamis ini yang belum terealisasi. Pasalnya, kesenian daerah, khususnya Ebeg yang merupakan asli Lakbok ini akan sulit berkembang, baik di tingkat Nasional maupun Internasional, apabila tidak mempunyai legalitas dari pemerintah daerah.

Hal itu diungkapkan Ketua Paguyuban Seni Budaya Ebeg Kecamatan Lakbok, Zaenudin, kepada HR Online, Minggu (02/04/2017), disela-sela acara Pagelaran Seni Ebeg yang berlangsung di Kecamatan Lakbok. [Baca berita terkait; Pagelaran Seni Budaya Lokal asli Ciamis Tampilkan Kesenian Ebeg].

Menurutnya, kesenian tradisional Ebeg sudah berdiri sejak puluhan tahun lalu, tepatnya sejak Kecamatan Lakbok berdiri dan sudah menjadi warisan turun-temurun. Namun, pihaknya sangat menyayangkan acara pagelaran kesenian tersebut kurang mendapat perhatian dari pemerintah daerah.

“Hal ini dikarenakan pemerintah daerah tidak memahami kesenian Ebeg itu seperti apa. Jadi Pagelaran Seni Ebag ini bisa ditemukan di sekitar wilayah Kecamatan Lakbok. Seni Ebeg pun ketika tampil di daerah lain harus mempunyai legalitas dari seni itu sendiri,” ujarnya.

Zaenudin mengakui, bahwa saat ini pihaknya sedang memperjuangkan agar pemerintah daerah dapat memberikan legalitas kepada kesenian daerah, khususnya kesenian Ebeg, supaya bisa lebih berkembang dengan lebih baik.

“Ketika kita tidak mempunyai legalitas, secara otomatis pemerintah pun tidak bisa memberikan bantuan untuk menopang keseniannya maupun alat lainnya. Kegiatan ini sekaligus ingin mendongkrak perhatian dari pemeritah supaya seni Ebeg ini bisa lebih berkembang dengan baik,” katanya.

Zaenudin menegaskan, bahwa bukan hanya kesenian Ebeg-nya saja, tetapi seni-seni yang terkait dengan Ebeg bisa ikut berkembang dalam mengikuti event-event di Kabupaten Ciamis. Tidak menutup kemungkinan kesenian asli daerah dapat berkiprah di tingkat Nasional dan Internasional, supaya Ciamis bisa lebih maju lagi melalui kesenian daerahnya. (Tantan/R3/HR-Online)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!