Kesenian Manuk Janur dari Banjar Mulai Dikenal se-Nusantara

20/04/2017 0 Comments
Kesenian Manuk Janur dari Banjar Mulai Dikenal se-Nusantara

Kesenian Manuk Janur dari Desa Cibeureum, Kecamatan Banjar, Kota Banjar, saat mengikuti Karnaval Citra Budaya di Taman Mini Indonesia Indah Jakarta dalam rangka HUT TMII ke-42. Photo: Istimewa.

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),-

Warga Desa Cibeureum, Kecamatan Banjar, Kota Banjar, mampu menciptakan suatu karya seni dengan memanfaatkan bahan baku dari alam, kemudian dibentuk menjadi replika burung garuda berukuran besar dan gagah yang dinamai Manuk Janur.

Dalam proses pembuatannya, Manuk Janur yang terbuat dari bambu, tempurung (batok kelapa), dan anyaman daun kelapa (janur) ini bisa memakan waktu selama empat hari, serta menghabiskan lebih dari 20 pohon kelapa. Setelah jadi, Manuk Janur bisa dinaiki oleh satu orang dan digotong oleh empat orang pemain saat melakukan arak-arakan atau pawai.

Kepala Desa Cibeureum, Yayan Sukirlan, mengatakan, awalnya kesenian ini untuk membahagiakan pengantin sunat, atau dalam bahasa Sunda disebut acara turun mandi. Namun, sejak tahun 2010, kesenian ini terus mengalami perkembangan.

Selain untuk pengantin sunat, kesenian Manuk Janur juga mulai memberanikan diri untuk tampil mengikuti kegiatan pawai di Hari Jadi Kota Banjar, atau pada saat perayaan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia.

“Awalnya untuk mengangkat pengantin sunat atau yang sering disebut tradisi turun mandi. Selain itu, kesenian ini pun merupakan ungkapan rasa syukur kepada Alloh SWT atas hasil bumi yang melimpah kepada warga Cibeureum. Karena, hampir 60 persen warga Cibeureum adalah petani,” tutur Yayan, kepada Koran HR, Senin (17/04/2017) lalu.

Kesenian Manuk Janur ini merupakan kesenian asli dari Desa Cibeureum, sehingga harus tetap dilestarikan dari generasi ke generasi. Yayan berharap, untuk ke depannya kesenian Manuk Janur bisa menjadi ikon seni dan budaya Kota Banjar.

“Kesenian Manuk Janur mulai dikenal se-Nusantara. Pasalnya, kesenian ini adalah satu-satunya perwakilan dari Provinsi Jawa Barat yang mengikuti Karnaval Citra Budaya di Taman Mini Indonesia Indah Jakarta dalam rangka HUT TMII ke-42, pada Minggu (16/04/2017) kemarin,” pungkas Yayan. (Hermanto/Koran HR)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!