Koramil 1301/Ciamis Kini Punya Patung Maung Siliwangi

10/04/2017 0 Comments
Koramil 1301/Ciamis Kini Punya Patung Maung Siliwangi

Dandim 0613/Ciamis, Letkol Inf. Slamet, didampingi Danramil 1301/Ciamis, Mayor Inf. Ikeu Masrika (kiri), saat melakukan pemotongan tumpeng dalam peresmian patung Maung Siliwangi yang dibangun di halaman kantor Koramil 1301/Ciamis. Photo: Tantan Mulyana/HR.

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Patung harimau merupakan simbol dari Kerajaan Siliwangi yang menjadi ciri prajurit TNI Jawa Barat. Patung tersebut memiliki arti dan makna yang sangat besar bagi seluruh prajurit Kodam Siliwangi Jawa Barat.

Hal tersebut dikatakan Dandim 0613/Ciamis, Letkol Inf. Slamet, kepada HR Online, saat ditemui usai meresmikan patung Maung Siliwangi di halaman kantor Komando Rayon Militer 1301/Ciamis, Senin (10/04/2017).

Menurutnya, di dunia militer mempunyai simbol-simbol yang sudah tidak asing lagi, tak terkecuali seluruh militer di dunia. Simbol itu merupakan wujud yang menggambarkan suatu kebanggaan atas Korps-nya.

“Tidak terkecuali di kalangan TNI, kita juga mempunyai simbol-simbol untuk mengejawantahkan atau melambangkan dari satuan tersebut. Dan kita di Siliwangi ini mempunyai simbol maung atau harimau. Harimau itu tangguh, ‘garang’ dan berwibawa. Makanya kejadian di Cisewu Garut merupakan wujud bahwa masyarakat itu ada rasa memiliki terhadap TNI,” terang Slamet.

Dalam hal ini, masyarakat bisa melihat apabila simbol TNI tidak ‘garang,’ pasti mereka akan memberikan koreksi. Itu merupakan salah satu wujud bahwa masyarakat di Jawa Barat pada khususnya, mempunyai rasa memiliki TNI yang berada di Jawa Barat.

Sehingga, masyarakat merasa bangga apabila melihat simbol TNI tampak ‘garang’ dan berwibawa. Oleh karena itu, simbol ini merupakan salah satu dari lambang perjuangan untuk dikenang dan menjadi penyemangat.

Sementara itu, Danramil 1301/Ciamis, Mayor Inf. Ikeu Masrika, menilai, berdasarkan kejadian yang terjadi di Cisewu, Garut beberapa waktu lalu, merupakan koreksi yang sangat baik, khususnya bagi TNI.

“Dalam peresmian patung Maung Siliwangi ini diawali oleh Koramil 1301/Ciamis. Masyarakat perlu mengetahui bahwa kegiatan ini merupakan perintah dari pimpinan kami langsung, dan kebetulan juga di kantor kami belum mempunyai patung Maung Siliwangi,” ungkapnya.

Pihaknya juga mengakui, patung Siliwangi yang ada saat ini merupakan pemberian dari Kodim. Pihaknya berharap, dengan adanya patung Siliwangi, khususnya untuk Koramil 1301/Ciamis, dapat diikuti pula oleh Koramil yang berada di wilayah Kabupaten Ciamis.

“Bagaimanapun juga keberadaan patung ini menjadi ciri adanya silsilah dan sejarah. Prabu Siliwangi merupakan Raja Padjadjaran, dan seluruh masyarakat perlu tahu bahwa keberadaan patung ini mempunyai sejarah. Kegitan ini adalah salah satu motivasi, khususnya di lingkungan TNI untuk tetap tegar dan ‘sangar,’ tapi mempunyai hati tetap lembut,” kata Ikeu. (Tantan/R3/HR-Online)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!