Lomba Menulis Surat untuk Wakil Rakyat, Kritik & Saran dari Pelajar akan Dibahas DPRD Banjar

07/04/2017 0 Comments
Lomba Menulis Surat untuk Wakil Rakyat, Kritik & Saran dari Pelajar akan Dibahas DPRD Banjar

Pemberian penghargaan kepada siswa yang aktif dalam bidang literasi. Photo: Muhafid/HR

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),-

Pada puncak pengumuman Lomba Menulis Surat untuk Wakil Rakyat yang digagas Yayasan Ruang Baca Komunitas (YRBK) untuk para pelajar tingkat SLTP dan SLTA se-Kota Banjar, sekaligus ulang tahun ke 1 YRBK di Aula Kelurahan Banjar, puluhan siswa beserta guru pembimbing, Lurah Banjar, Camat Banjar, Anggota DPRD Banjar, serta para tamu lainnya, hadir dalam kegiatan tersebut, Selasa (04/04/2017) lalu.

Sofian Munawar, pendiri YRBK, mengatakan, dalam ulang tahun pertama ini, pihaknya sengaja menggelar Lomba Menulis Surat untuk Wakil Rakyat sebagai sarana komunikasi pelajar kepada wakil rakyatnya yang duduk di parlemen Kota Banjar.

“Bagi kami, ini wujud kegembiraan serta keseriusan kita untuk terus berusaha mengajak para pelajar menggelorakan semangat litarasi. Sebab, sejak satu tahun lalu kita berdiri, alhamdulillah sudah ada perubahannya dan ini akan terus kita jalankan,” tegasnya.

Dari 93 peserta lomba yang mendaftar, lanjut Sofian, diharapkan bisa jadi menumbuhkan keberanian para pelajar untuk berkomunikasi dengan pemerintah, terutama wakil rakyatnya, meskipun hanya melalui sebuah tulisan.

Pihaknya juga berharap, kedepan semangat literasi di Kota Banjar semakin tumbuh dengan adanya berbagai komunitas literasi yang saat ini semakin berkembang. Hal itu sesuai dengan cita-citanya, bahwa di tahun pertama YRBK berdiri, pihaknya ingin menumbuhkan minat literasi.

Dari pantauan Koran HR, salah satu siswa yang menjadi juara dari SMAN 1 Banjar, Dinar Naufal, menyampaikan keinginannya untuk pembangunan Kota Banjar agar lebih baik lagi. Terutama dalam hal regulasi yang melindungi perempuan dan anak untuk menjadikan Banjar kota layak anak.

Selain itu, perawatan dan inovasi fasilitas umum yang dibangun pemerintah, pengembangan sarana ruang baca di berbagai fasilitas publik, serta disediakannya tempat khusus bagi kaum difabel di area Ruang Terbuka Hijau (TRH).

“Saya harap RTH yang sudah dibangun tidak hanya untuk masyarakat yang normal saja, namun kaum difabel juga perlu diperhatikan, seperti adanya WC khusus bagi mereka. Selain itu, lampu penerangan, baik di jalan maupun di fasilitas publik lainnya, juga perlu diperhatikan. Sebab, saya lihat yang kurang penerangan digunakan untuk hal-hal yang tidak diinginkan,” tutur Dinar, saat menyampaikan masukannya kepada Wakil Ketua DPRD Banjar, Nana Suryana.

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Banjar, Nana Suryana, menanggapi hal tersebut sebagai masukan yang sangat luar biasa bagi pihaknya. Sebab, selain puluhan surat yang masuk ke lembaganya, kritik serta saran dari para pelajar yang menjadi juara akan menjadi pembahasan lebih lanjut di DPRD.

“Ini sangat luar biasa sekali para pelajar Banjar yang sudah memberanikan diri menyampaikan masukannya kepada kami. Tentu semua ini berkat semangat YRBK yang terus mendorong mereka untuk terus aktif dalam dunia literasi,” katanya.

Khusus untuk harapan Banjar menjadi kota layak anak, lanjut Nana, pihaknya masih menggodok Raperda Perlindungan Anak dan Perempuan. Dia juga menyebutkan, bahwa usulan yang mereka sampaikan memang mayoriitas dari bidang pendidikan. Namun, pihaknya akan menyortirnya dan mengelompokan, yang selanjutnya akan dibahas di DPRD Kota Banjar.

Nana berharap, kegiatan-kegiatan literasi di Banjar terus dikembangkan agar cita-cita Kota Banjar dalam mewujudkan masyarakatnya yang berpendidikan bisa tercapai.

Dari informasi yang dihimpun Koran HR, para juara yang berjumlah 8 siswa, terdiri dari 4 siswa tingkat SLTP dan 4 siswa dari SLTA, mendapatkan berbagai penghargaan, baik trofi, sertifikat maupun uang pembinaan. Khusus untuk tingkat SLTA mendapatkan uang beasiswa sebesar Rp. 2 juta dari salah satu sponsor YRBK. (Muhafid/Koran HR)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!