Majukan UMKM di Ciamis, Asosiasi IUMKM Akumandiri Fasilitasi Permodalan

13/04/2017 0 Comments
Majukan UMKM di Ciamis, Asosiasi IUMKM Akumandiri Fasilitasi Permodalan

Ketua umum IUMKM Akumandiri saat mensosialisasikan program Akumandiri di Kecamatan Pamarican, Kabupaten Ciamis. Photo: Muhafid/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Dalam upaya meningkatkan daya saing produk lokal di pasar domestik maupun mancanegara,  Asosiasi Industri Usaha Mikro Kecil Dan Menengah Indonesia (IUMKM) Akumandiri terus mendorong pertumbuhan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM) di berbagai daerah, termasuk Kabupaten Ciamis.

Dengan memfasilitatasi serta menata hubungan antara UMKM dengan pemerintah, perbankan, pengusaha serta sesama UMKM, Akumandiri  juga melakukan pendampingan permodalan guna pengembangan anggotanya.

“Kita akan berikan pelatihan peningkatan kapasitas, bantuan fasilitas permodalan serta menjalin anggota dengan berbagai lembaga guna memudahkan pemasaran hasil produksi UMKM,” kata Hermawati Setyorinny saat bersosialisasi dengan para pelaku UMKM di Kecamatan Pamarican, Kabupaten Ciamis, Kamis (13/04/2017).

Menurutnya, keberadaan UMKM memiliki peran sangat penting dalam mewujudkan kekuatan ekonomi baik skala nasional maupun di tiap daerah. Sebab, dengan pengembangan potensi produk yang ada akan menjadi daya tawar dalam persaingan secara global. Artinya, para pelaku IMKM akan terus terdorong untuk kreatif dan inovatif agar produknya bisa diterima konsumen.

“Dari program Akumandiri ini, kami yakin akan menjadi nilai tambah, bahkan garda terdepan dalam dunia usaha melalui orientasi action group dan berperan menyejahterakan masyarakat. Akumandiri juga merupakan organisasi serta gerakan sosial ekonomi yang sifatnya independent, tidak terikat partai maupun kekuatan politik apapun,” tegasnya.

Di lokasi yang sama, Pembina Asosiasi IUMKM Akumandiri Kabupaten Ciamis, mengatakan, program Akumandiri diharapkan bisa diserap oleh para pelaku UMKM di Kabupaten Ciamis baik di sektor permodalan maupun sektor pengembangan usaha.

“Kami yakin ketika banyak pelaku UMKM maju, maka daerah Ciamis pun ikut maju, bahkan sejahtera masyarakatnya. Jadi, sekali lagi, masalah klasik permodalan dalam dunia usaha bisa kita damping hingga benar-benar masyarakat mandiri,” tegasnya.

Hal senada juga diungkapkan Agus Nurdin, Ketua DPD IUMKM Akumandiri Ciamis. Ia menilai, persoalan permodalan serta pemasaran produk para pelaku UMKM sudah menjadi alasan klasik mandegnya usaha kecil. Namun, melalui program Akumandiri semua itu bisa teratasi.

“Kita akan sasar semua pelaku UMKM yang ada di setiap kecamatan yang ada di Ciamis. Harapannya tentu demi memajukan Kabupaten Ciamis dan menyejahterakan masyarakat,” katanya. (Muhafid/R6/HR-Online)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!