Makin Mantap Maju di Pilkada Ciamis, Anjar Datangi Pelaku UMKM di Tiga Kecamatan

14/04/2017 0 Comments
Makin Mantap Maju di Pilkada Ciamis, Anjar Datangi Pelaku UMKM di Tiga Kecamatan

Tim Kawan AA saat mengunjungi perngrajin gula di Dusun Talangbanteng, Desa Sidarahayu, Kecamatan Purwadadi, Kabupaten Ciamis. Photo: Muhafid/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Meski tahapan awal Pilkada 2018 Kabupaten Ciamis masih lima bulan lagi, Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Ciamis, Kota Banjar dan Kabupaten Pangandaran, Anjar Asmara, terus melakukan manuver untuk maju di Pilkada mendatang dengan menyambangi ratusan masyarakat di sejumlah wilayah di Kabupaten Ciamis.

Bersama timnya, Kawan AA, pada Kamis (13/04/2017) kemarin, Anjar melakukan sosialisasi di di Kecamatan Pamarican dengan menemui ratusan para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menegangah (UMKM).

Saat berada di wilayah Kecamatan Pamarican, Kabupaten Ciamis. Photo: Muhafid/HR 

Kemudian, setelah bertolak dari Pamarican, Anjar bersama timnya melanjutkan kunjungannya ke para pengrajin gula di Dusun Talangbanteng, Desa Sidarahayu, Kecamatan Purwadadi.

“Ternyata masyarakat Ciamis potensinya sangat besar untuk kita kembangkan lebih besar lagi, khusunya bidang UMKM. Saya lihat di Purwodadi ini perlu didorong masyarakatnya agar mereka bisa lebih berkembang usahanya, lebih sejahtera kehidupannya dengan program yang saya bawa, yakni fasilitasi permodalan dengan menggandeng Asosiasi IUMKM Akumandiri,” jelas Anjar.

Sementara itu, Sucipto, pengrajin gula, mengatakan, dalam sehari dirinya mampu mengolah gula merah beserta gula rafinasi hingga mencapai 5 ton bersama 8 orang pegawainya. Dengan mengambil gula merah dari para petani dan mengolahnya kembali dengan gula rafinasi, hasil produksinya tersebut ia kirim ke berbagai daerah di Jawa Tengah, Jawa Barat maupun ke Jakarta.

“Sebenarnya persoalan sederhana, saya membutuhkan bahan baku dan modal lebih besar lagi agar usaha saya bisa lebih berkembang dan penyerapan gula dari petani bisa lebih banyak dari ini. Harapannya dengan program yang dibawa Kawan AA, saya ingin usaha saya bisa lebih maju dan para petani gula di Purwadadi bisa mendapatkan manfaatnya berupa kesejahteraan,” katanya kepada HR Online.

Tim Kawan AA saat berada di Dusun Talangbanteng, Desa Sidarahayu, Kecamatan Purwadadi. Photo: Muhafid/HR

Di lokasi yang sama, salah satu dari tim Kawan AA, Agus  Nurdin, mengatakan, pihaknya akan membantu persoalan yang dihadapi pengrajin gula di Purwadadi baik dari fasilitas permodalan, pemasaran maupun peningkatan kualitas produk.

“Kita akomodir semua keinginan mereka. Pada intinya, kita ingin mereka bisa berkembang dan nantinya berdampak pada kesejehteraan para pengrajin gula maupun petani gula. Dan secara umum Ciamis lebih mantap untuk menggapai kemajuan dibanding sebelumnya melalui program yang dibawa Kawan AA ini,” kata Agus.

Dari informasi yang dihimpun HR Online, setelah bertemu dengan para pelaku UMKM di Purwadadi, Tim Kawan AA langsung melanjutkan pertemuan dengan masyarakat dan para pelaku UMKM di Wilayah Kecamatan Lakbok. (Muhafid/R6/HR-Online)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!