Meski Baru, Perguruan Pencak Silat Wangsit Buana Banjar Raih Banyak Prestasi

19/04/2017 0 Comments
Meski Baru, Perguruan Pencak Silat Wangsit Buana Banjar Raih Banyak Prestasi

Salah satu penampilan Perguruan Silat Wangsit Buana saat acara di Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Derah (DKPD) Kota Banjar, Selasa (18/04/2017) lalu. Photo: Hermanto/HR

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),-

Perguruan pencak silat berbagai aliran  memang telah tersebar luas hampir di seluruh wilayah di tanah air, mulai dari Sumetera, Jawa, Bali, Kalimantan, dan Sulawesi. Tidak hanya itu, pencak silat pun kini mulai merambah ke berbagai belahan dunia seperti Asia, Timur Tengah, dan Eropa. Meski berbagai macam aliran, keanekaragaman tersebut mempunyai kesamaan nilai dan tujuan yang sama, yakni tetap menjunjung tinggi silaturahmi antar perguruan.

Di tatar Sunda sendiri kini mulai banyak bermunculan perguruan-perguruan pencak silat. Salah satunya adalah perguruan Pencak Silat Wangsit Buana. Perguruan yang lahir pada Mei 2015 ini beralamat di Lingkungan Langkap Lancar, RT 1 RW 2, Kelurahan Bojong Kantong, Kecamatan Langensari, Kota Banjar.

Meski usianya baru dua tahun, perguruan ini sudah banyak mengukir prestasi dari berbagai event kejuaraan seperti Juara 3 putra/putri di Bandung Open TGR dan Tanding tingkat remaja pada tahun 2016, juara umum tingkat Sekolah Dasar dan pesilat terbaik pada Banjar Open 2016, juara 1 putra/putri tingkat SD pada pasanggiri ibing piala KNPI Kota Banjar tahun 2017 serta segudang prestasi lainnya.

Perguruan Wangsit Buana kini mempunyai 381 anggota, terdiri dari dewasa dan anak dibawah pelatih Yadi dan Tuti Kurniati. Jurus andalan dari perguruan ini adalah jurus Kahuripan Banjar, terdiri dari jurus 17 serbaguna, jurus 5 bendung serang digabung dengan 10 jurus olah nafas.

Sesepuh perguruan Pencak Silat Wangsit Buana, Wawan Hernawan, mengatakan, bahwa perguruannya ingin terus mengembangkan kemajuan khususnya dalam seni budaya yang merupakan warisan leluhur.

“Pencak silat merupakan warisan leluhur. Untuk itu kami ingin terus memajukan seni bela diri ini,” ujarnya kepada HR Online, Rabu (19/4/2017).

Ia menambahkan, bahwa Wangsit Buana ingin menciptakan para pesilat yang tangguh namun beradab. “Filosofinya dari padi, semakin berisi semakin merunduk,” imbuhnya.

Masih Kata Wawan, selain itu juga Wangsit Buana tetap meningkatkan dan menunjung tinggi hubungan tali silaturahmi antar saudara perguruan, pemerintah, dan masyarakat. (Hermanto/R6/HR-Online)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!