Minuman Beralkohol Jadi Penyumbang Penyakit Liver Terbanyak di Dunia

19/04/2017 0 Comments
Minuman Beralkohol Jadi Penyumbang Penyakit Liver Terbanyak di Dunia

Photo: Ilustrasi net/Ist.

Berita Kesehatan, (harapanrakyat.com),-

Demi terbebas dari beban masalah, tidak sedikit orang mengkonsumsi minuman beralkohol. Padahal, kebiasaan itu justru malah memicu dampak merugikan terhadap kesehatan tubuh, seperti menyebabkan penyakit liver.

Konsultan Asosiasi Gastroenterologi dan Hepatologi dari BL Kapur Super Specialty Hospital, Dr. Amrish Sahney, mengatakan, minuman beralkohol menyumbang kasus terbanyak penyakit liver. Penyakit ini menyebabkan kematian, padahal seharusnya bisa dicegah.

Dilansir Timesofindia, Rabu (19/04/2017), berikut ini adalah lima fakta penyakit liver dan kaitannya dengan minuman beralkohol;

  • Minuman beralkohol mengandung toksisitas sangat tinggi dan bisa menyebabkan penyakit liver yang menjadi beban penyakit kelima di dunia.
  • Penyakit liver menjadi penyebab utama kematian pada orang berusia 15 sampai 49 tahun. Karena, orang-orang di usia produktif paling suka menenggak minuman beralkohol, tanpa melihat risikonya.
  • WHO memperkirakan ada sekitar 140 juta penduduk di dunia menderita ketergantungan alkohol. Dampaknya dapat menurunkan kualitas hidup, dan juga menjadikan beban ekonomi.
  • Minuman beralkohol memicu penyakit hati dengan kondisi berat. Jika tidak secepatnya ditangani, penyakit berbahaya ini bisa memicu kematian dini.
  • Jika kelebihan mengkonsumsi alkohol dapat menyebabkan akumulasi kelebihan lemak di hati sekitar 90 persen. Hal ini menyebabkan Anda lebih berisiko menderita hepatitis alkoholik yang memicu pada pembengkakan hati.
  • Pasien dengan gangguan hati juga dapat mengalami sirosis. Jika stadium lanjut, maka usaha untuk menyembuhkan penyakit tersebut cukup sulit, terlebih dengan cara pembedahan. (Eva/R3/HR-Online)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!