Monyet Rusak Tanaman di Ciamis, POPT Sarankan Semprot Cat Pilok

20/04/2017 0 Comments
Monyet Rusak Tanaman di Ciamis, POPT Sarankan Semprot Cat Pilok

Foto: Ilustrasi nte/Ist

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Setelah adanya insiden tanaman padi yang berada di Dusun Sindangjaya, Desa Ciakar, Kecamatan Cipaku, Kabupaten Ciamis, digasak kawanan monyet, petugas Pengendali Organisme Pengganggu Tumbuhan (POPT) langsung turun tangan guna mesosialisasikan kepada masyarakat terkait penanggulangannya.

Supendi, petugas POPT, mengatakan, monyet merupakan hewan yang dilindungi oleh pemerintah, sehingga tidak seenaknya masyarakat membunuh hewan tersebut lantaran merusak tanaman.

Ia mengemukakan, bila turunnya monyet ke pemukiman atau areal pesawahan masyarakat kemungkinan besar karena habitatnya terganggu atau sedang diburu oleh binatang buas.

Sementara itu, ia memberikan saran untuk menghalau monyet agar tidak menyerang tanaman dengan cara diperangkap atau diburu secara langsung.

“Setelah tertangkap, monyet tersebut di cat seluruh tubuhnya, usahakan menggunakan cat pilok berwarna merah atau dilumuri terasi dan kemudian dilepas kembali,” terangnya.

Dengan cara tersebut, lanjut Supendi, niscaya monyet yang sudah di semprot pilok tersebut membuat monyet lainnya ketakutan serta tidak berani lagi menyerang lahan pertanian. (Dji/R6/HR-Online)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!