Pangandaran Diguncang Gempa, Ribuan Warga Panik

26/04/2017 0 Comments
Pangandaran Diguncang Gempa, Ribuan Warga Panik

Bupati Pangandaran, Jeje Wiradinata, saat memberikan keterangan kepada sejumlah awak media, usai menggelar simulasi tsunami. Photo: Entang SR/HR.

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),-

Ribuan warga Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, terutama yang berada di zona pantai, mendadak berlarian menuju tempat yang lebih tinggi untuk menyelamatkan diri.

Kepanikan tersebut akibat Pantai Selatan Pangandaran diguncangan gempa tektonik yang cukup kuat dirasakan oleh warga, Rabu (26/04/2017), sekitar pukul 10.00 WIB.

Menurut Udin, salah seorang warga yang ikut mengungsi ke shelter di Blok Pasar Wisata, selain diguncang gempa, alat pendeteksi tsunami yang ditanam di tegah laut juga ikut berbunyi keras.

“Makanya warga panik dan mengungsi untuk menyelamatkan diri. Sedikitnya tercatat warga yang mengungsi di shelter Pasar Wisata ini ada sekitar 1.700 orang, dan telah dievakuasi oleh petugas gabungan dari BPBD, Tim SAR Polri dan TNI, serta relawan yang turut membantu,” tutur Udin, kepada HR Online.

Pada saat yang bersamaan, sejumlah kendaraan ambulance dan kendaraan pengangkut lainnya pun diterjunkan untuk membantu warga mengungsi ke tempat yang lebih aman.

Sementara itu, Bupati Pangandaran, Jeje Wiradinata, membenarkan, bahwa mengungsinya ribuan warga merupakan simulasi tanggap bencana tsunami.

“Kabupatan Pangandaran adalah salah satu kabupaten yang rawan bencana, diantaranya bencana tsunami, banjir dan longsor. Untuk itu, simulasi yang diselengarakan ini sangat bermanfaat bagi warga Pangandaran,” tandas Jeje.

Hal senada disampaikan Kepala BPBD Kabupaten Pangandaran, Nana Ruhena, bahwa simulasi bencana tsunami ini merupakan salah satu pendidikan kepada masyarakat Pangandaran untuk cepat tanggap bencana.

“Dan secara kebetulan hari ini merupakan Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional,” jelas Nana. (Ntang/R3/HR-Online)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!