Pengusaha Ayam Terbesar, H. Udin Dukung Penuh Anjar Maju di Pilkada Ciamis

10/04/2017 0 Comments
Pengusaha Ayam Terbesar, H. Udin Dukung Penuh Anjar Maju di Pilkada Ciamis

Anjar Asmara (AA), didampingi salah seorang tim Kawan AA, saat bersilaturahmi dengan H. Udin, pengusaha ayam terbesar di Kabupaten Ciamis. Photo: Istimewa.

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Ciamis, Anjar Asmara (AA), yang bakal mencalonkan diri sebagai Bupati Ciamis pada Pilkada serentak 2018 mendatang, terus melakukan silaturahmi dengan berbagai pihak yang ada di Tatar Galuh ini, termasuk dengan para pengusaha.

AA bersama timnya, Kawan AA, mengunjungi Tanjung Mulya Poultry Shop, milik H. Udin, pengusaha asal Kecamatan Panumbangan, Kabupaten Ciamis, Minggu (09/04/2017).

Dalam kesempatan itu, pengusaha ayam terbesar di Ciamis itu menyatakan dukungannya kepada Anjar Asmara, yang berani maju untuk menjadi Calon Bupati Ciamis, meski pun usianya masih muda. “Saya restui Anjar Asmara nyalon Bupati Ciamis, dan saya mendukungnya,” kata Udin.

Dirinya juga menyarankan supaya AA terus melakukan silaturahmi kepada masyarakat, tokoh agama, tokoh masyarakat, maupun lembaga swadaya masyarakat (LSM). Sebab menurut Udin, jika ingin menang maka harus banyak bersilaturahmi dengan semua lapisan masyarakat, lantara mereka lah yang lebih tahu bagaimana kondisi masyarakat di bawah.

Kepada AA, ia pun mengungkapkan rasa khawatirnya sebagai orang tua terhadap pesatnya perkembangan teknologi saat ini yang begitu mudah diakses oleh berbagai kalangan. Termasuk oleh anak-anak usia sekolah dasar.

“Sekarang saya khawatir dengan generasi muda Ciamis. Mereka sudah mudah mengakses teknologi. Bahkan, anak kelas empat sekolah dasar saja sudah bisa main internet di HP,” tuturnya.

Selain masalah tersebut, Udin juga merasakan kalau masyarakat Ciamis kini resah dengan harga kebutuhan pokok yang tidak pernah bisa stabil. Untuk itu, bila AA akan mencalonkan diri menjadi Bupati Ciamis, tentu harus punya konsep perbaikan harga bahan pokok di pasar.

“Artinya, jika jadi pemerintah harus kreatif, sebab pemimpin masyarakat itu harus mampu menerapkan aturan yang ketat terhadap hal yang berdampak negatif kepada anak, serta harus bisa mengontrol harga bahan pokok yang dibutuhkan masyarakat supaya tetap stabil,” pesannya.

Udin menambahkan, dirinya sangat mengharapkan Anjar Asmara menjadi sosok pemimpin Ciamis yang amanah, benar-benar bisa mensejahterakan masyarakatnya, serta mampu membawa Ciamis ke arah yang lebih baik lagi.

Sementara itu, Anjar Asmara, mengaku bahwa H. Udin merupakan panutan bagi dirinya, bahkan harus menjadi contoh karena dengan berani bekerja keras dan berusaha tanpa lelah, kini berhasil menjadi pengusaha besar.

“Saya mengenal Haji Udin sudah lama. Dalam merintis usahanya ini, ia berangkat dari nol. Semoga saja di Ciamis ini bisa bermunculan Haji Udin lainnya,” kata AA.

Di hari yang sama, AA yang punya mimpi menciptakan banyak pengusaha di Ciamis ini, juga melakukan pembinaan terhadap penggiat Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Salah seorang penggiat UMKM yang AA dan Kawan AA datangi adalah Ajat, warga RT. 03, RW. 04, Dusun Margajaya, Desa Winduraja, Kecamatan Kawali, Kabupaten Ciamis, yang memiliki usaha Jamur Tiram, Saung Jamur Patekadan.

Ajat mengaku sudah menggeluti usaha budidaya jamur sejak tahun 2014, namun tidak pernah bisa berkembang lantaran terkendala modal. Pada kesempatan itu, Anjar Asmara menawarkan program peningkatan usaha kecil kepada dirinya.

“Setelah dipaparkan bagaimana programnya, menurut saya ini akan sangat membantu bagi usaha seperti kami ini,” kata Ajat.

Ia pun menyampaikan bahwa saat ini dirinya sudah bisa mengisi kebutuhan jamur di berbagai pasar tradisional di Ciamis dan Tasikmalaya. Meningkatnya permintaan jamur tiram membuat dirinya perlu penambahan modal yang cukup supaya usahanya itu bisa berkembang.

“Solusi dari AA untuk saya sebagai pengusaha jamur tiram Insya Alloh bermanfaat,” ucap Ajat.

Salah seorang dari tim Kawan AA, Sopwan Ismail, menyatakan, Anjar Asmara selalu melihat peluang orang-orang yang mempunyai jiwa pengusaha. Untuk itu, dia terus mendongkrak pengusaha kecil di Ciamis ini agar bisa lebih besar dan mandiri.

“Semakin banyak pengusaha, maka Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di Tatar Galuh ini akan meningkat pula. Itu artinya jumlah pengangguran akan berkurang. Pokoknya kita dorong masyarakat supaya mereka mau berjiwa enterpreneur,” pungkas Sopwan. (Eva/R3/HR-Online)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!