Peringati Hari Kartini, Korp PMII Puteri Ciamis Gelar Aksi

21/04/2017 0 Comments
Peringati Hari Kartini, Korp PMII Puteri Ciamis Gelar Aksi

 

Pada peringatan Hari Kartini, Jum`at (21/04/2017), Korp PMII Puteri Ciamis saat membagi-bagikan bunga di bilangan lampu merah tonjong Ciamis. Photo : Tantan Mulyana/ HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Sejumlah mahasiswi dari beberapa perguruan tinggi yang tergabung dalam Korp Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia Puteri atau Korp PMII Puteri Kabupaten Ciamis melakukan aksi long march di sepanjang Jalan Jendral Sudirman, Jum’at (21/04/2017).

“Kami melakukan aksi jalan kaki ini dimulai dari Jalan Jendral Sudirman sampai ke perempatan Tonjong. Ini sebagai bentuk emansipasi wanita, untuk tetap semangat seperti perjuangan pahlawan kita RA Kartini,” kata koordinator aksi, Elma Opita Dewi, ketika ditemui HR Online, di perempatan Tonjong, Jum`at (21/04/2017). 

Selain long march, Elma menuturkan, mahasiswi juga membagi-bagikan bunga dan selebaran kepada pengendara yang melintas di kawasan lampu merah Tonjong.

“Hari Kartini yang diperingati setiap tanggal 21 April ini sudah mulai terlupakan. Makanya kami bersama rekan-rekan lainnya mencoba untuk lebih menyadarkan kembali, khususnya kepada kaum hawa dan pada umumnya kepada warga Tatar Galuh Ciamis,” ujarnya. 

Menurut Elma, melalui peringatan Hari Kartini saat ini, pihaknya berharap agar kaum perempuan harus bisa memperjuangkan hak-haknya.

“Yang perlu digarisbawahi adalah kaum perempuan harus mendapatkan haknya sama dengan kaum pria pada umumnya. Saat ini, perempuan bisa berkarya dan bisa berbuat lebih dari kaum pria,” ungkapnya. 

Pada kesempatan itu, Elma juga mengaku prihatin, di era modernisasi saat ini masih banyak kasus kekerasan terhadap perempuan dan anak. Untuk itu, dia berharap kasus tersebut bisa segera ditangani dan diusut tuntas. 

“Insya Alloh, kami bersama kaum perempuan lainnya siap memberikan bantuan ataupun advokasi bagi korban kekerasan perempuan, khususnya di Kabupaten Ciamis,” pungkasnya. (Tantan/R4/HR-Online)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!