Petani di Banjar Gagal Panen, Ini Sebabnya

07/04/2017 0 Comments
Petani di Banjar Gagal Panen, Ini Sebabnya

Sawah di Lingkungan Siluman Baru, Kel/Kec Purwaharja, Kota Banjar, Jawa Barat, terendam banjir. Photo : Hermanto/HR

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),-

Petani di Lingkungan Siluman Baru, Kel/Kec Purwaharja, Kota Banjar, Jawa Barat, terancam menanggung rugi. Pasalnya, ratusan hektar tanaman padi di daerah tersebut terancam gagal panen, yang diakibatkan banjir.

Endang (43), salahsatu petani mengatakan, bahwa banjir ini kiriman dari wilayah Cibungur, Kecamatan Cisaga, Kabupaten Ciamis. Selain itu, di wilayah Banjar sendiri sistem drainasenya buruk.

“Banjir ini kurang lebih sudah satu bulan. Jika banjir belum juga surut, maka padi yang siap panen bisa membusuk dan petani bisa rugi hingga puluhan juta rupiah,” ujarnya kepada HR Online, Jum’at (7/4/2017).

Selain itu, banjir ini pun disebabkan oleh dangkalnya sungai Citapen, yang hingga kini belum juga ada upaya untuk melakukan pengerukan dari instansi terkait.

“Dari instansi terkait memang pernah ada ke sini, namun belum melakukan apa-apa dan hanya mengontrol saja. Bahkan, dulu pernah juga sih mau melakukan pengerukan, tapi tidak jadi dan entah kenapa,” imbuhnya.

Ia dan petani lainnya berharap kepada pemerintah untuk segera mencari solusinya dalam menangani banjir ini. “Sehingga kami tidak gagal panen terus,” pungkasnya. (Hermanto/R5/HR-Online)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!