(Pilkada Ciamis) Saat Turun ke Masyarakat, Anjar Kerap Tarik Perhatian Kaum Ibu

04/04/2017 0 Comments
(Pilkada Ciamis) Saat Turun ke Masyarakat, Anjar Kerap Tarik Perhatian Kaum Ibu

Balon Bupati Ciamis, Anjar Asmara (AA), saat berfoto dengan sejumlah ibu-ibu dalam sebuah kesempatan acara di Kabupaten Ciamis. Foto: Istimewa

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Masih berusia muda dan berwajah tampan, Bakal Calon (Balon) Bupati Ciamis, Anjar Asmara (AA), tampaknya mampu menarik perhatian kaum ibu. Hal itu terlihat ketika AA menggelar silaturahmi ke tiga kecamatan di Kabupaten Ciamis, yakni Pamarican, Banjarsari dan Banjaranyar, Senin (02/04/2017).

Dalam kesempatan itu, Anjar yang didampingi Kawan AA (pendukungnya) mendapat sambutan yang berbeda dari kaum ibu. Banyak ibu-ibu yang hadir dalam kesempatan itu ingin berfoto bersama Anjar Asmara.

“Tangtos seueur nu resepeun ka Pak Anjar. Salain anom keneh, salirana gagah tur kasep jiga bintang film,” ujar Ny. Ratih pemilik pabrik makanan olahan di Banjaranyar.

Saat bertatap muka, Anjar terlihat banyak mendengarkan aspirasi warga, terutama dalam berwirausaha. Menurut Endang, salah seorang warga,  dalam mengembangkan usaha, dirinya kerap terkendala modal dan pemasaran. Dia pun merasakan perhatian Pemerintah Daerah dalam pengembangan usaha kerakyatan masih dirasakan belum optimal.

“Program pinjaman permodalan dari perbankan, masih ribet dalam mekanismenya. Selain itu, dalam mengajukan kredit ke perbankan, kami selalu terkendala tidak memiliki barang jaminan. Makanya kami kebingungan dalam mencari modal,” ujar Endang, warga Banjaranyar yang kesehariannya berwirausaha.

Endang pun berharap apabila Anjar ditakdirkan menjadi Bupati Ciamis periode 2018-2023, semoga bisa melahirkan solusi dalam mengembangkan ekonomi kerakyatan di Ciamis. “Kalau Pak Anjar menjadi Bupati, kami berharap agar mengedepankan program peningkatan ekonomi kerakyatan yang berbasis potensi daerah,” imbuhnya.

Sementara itu, seorang pemilik toko celuler di Banjarsari, Aang Jalal, mengatakan, sentuhan kebijakan dari pemerintah daerah dalam mengembangkan ekonomi kerakyatan sangat diperlukan. Selain mendorong bertambahnya pelaku usaha baru, tambah dia, juga untuk menggeliatkan sektor ekonomi yang nantinya berdampak pada peningkatan daya beli dan kemandirian ekonomi masyarakat.

“Apabila masyarakat berdaya usaha, kemudian usahanya berkembang, maka dengan sendirinya kesejahteraan akan terwujud. Hal itu pun akan mendorong semakin menggeliatnya perputaraan uang dan akan tumbuh potensi-potensi PAD baru,” ujarnya.

Aang berharap kehadiran Anjar Asmara di tengah masyarakat mampu menjadi jembatan emas bagi kaum Wirausaha di Ciamis. “Apalagi tadi saya mendengar AA siap memfasilitasi pinjaman berbasis KUR dengan sistem dan mekanisme yang lebih mudah,” kata Aang.

Juru bicara Kawan AA Sopwan Ismail, mengatakan, pada setiap agenda silaturahmi Anjar Asmara ke masyarakat lebih difokuskan pada penggalian potensi kewirausahaan.

“AA mungkin berbeda dengan bakal calon lainnya. Dan ini justru uniknya. AA datang ke masyarakat tak hanya sekedar memperkenalkan diri, tetapi juga mendengarkan aspirasi dan siap memberikan solusi,” ujarnya.

Saat berdialog dan mendengarkan aspirasi warga, kata Sopwan, AA langsung menginventarisir permasalahan-permasalahan dan kemudian merancang solusinya melalui program jitu. “Saat menginventarisir, dilihat dulu kondisinya, kemudian potensi, peluang dan kendalanya apa. Lalu ditawarkan solusi melalui program-program yang sudah kami rancang,” ujarnya.

Namun begitu, Sopwan tampaknya masih merahasiakan program jitu yang diusung AA dalam membantu keberlangsungan usaha kerakyatan di Ciamis. “Pokoknya program jitu ini akan segera berjalan. Insya Allah bisa menambah spirit berwirausaha bagi warga Ciamis,” pungkasnya. (Tantan/R2/HR-Online)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!