Program Restoking Ikan di Pangandaran Tahun 2016 Minta Dipertegas

08/04/2017 0 Comments
Program Restoking Ikan di Pangandaran Tahun 2016 Minta Dipertegas

Unang saat menambal jarring di kediaman rumahnya saat diwawancari Koran HR. Photo: Madlani/HR

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),-

Tahun anggaran 2016, Pemkab Pangandaran melakukan program restoking penanaman ikan di perairan umum sebanyak 1.100.000 ekor dari berbagai jenis, baik jenis ikan rajungan, windu, udang galah, emas, nilam mujair, baung, sepat dan lainnya.

Bersumber dari dana Kementrian KKP, berbagai jenis ikan tersebut disebar di 10 kecamatan yang ada di Pangandaran, terutama di perairan umum seperti rawa, cekdam, embung, sungai dan lainnya guna membantu menyejahterakan masyarakat melalui bidang perikanan.

Unang (57), warga Dusun Patinggen, Desa Karangpawitan, Kecamatan Padaherang,  mengatakan, dirinya yang hampir setiap hari menangkap ikan di wilayah Rawa Cilalay, Desa Kedungwuluh, masih sering menjumpai warga yang menangkap menggunakan jaring jalak makan atau jaring dua ramo. Karena pengguanaan alat tersebut, ikan yang berukuran kecil  juga ikut juga tertangkap. Karena hal itu, dirinya meminta kepada pemerintah untuk membuat aturan yang tegas kepada penangkap ikan.

“Saya menyayangkan di lapangan banyak warga yang menangkap ikan menggunakan jaring di bawah 1 inchi. Akibatnya, ikan kecilpun banyak yang ikut tertangkap. Sehingga perkembangbiakannya menjadi langka,” kata Unang kepada Koran HR, Senin (03/04/2017) lalu.

Masih dikatakan Unang, banyaknya ikan kecil yang tertangkap, berdampak pada susahnya mencari ikan. Padahal, program pemerintah tersebut sudah berjalan sejak tahun lalu. Bila tidak dikawal melalui kebijakan yang tegas, ia menilai justru akan merugikan masyarakat lantaran ketidaktegasan pemerintah dalam program tersebut.

“Mudah-mudahan pemerintah daerah segera membuat kebijakan melalui aturan yang tegas dalam hal penangkapan ikan yang dilakukan masyarakat di perairan darat,” pungkas Unang. (Mad/R6/HR-Online)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!