Relokasi Belum Jelas, Warga Ribut Soal Pemanfaatan Eks Kantor Kecamatan Rancah Ciamis

27/04/2017 0 Comments
Relokasi Belum Jelas, Warga Ribut Soal Pemanfaatan Eks Kantor Kecamatan Rancah Ciamis

Foto: Ilustrasi net/Ist

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Warga Rancah mempertanyakan pemanfaatan eks bangunan Kantor Kecamatan Rancah seiring dengan rencana pemindahan pusat pemerintahan Kecamatan Rancah oleh Pemerintah Kabupaten Ciamis dari wilayah Desa Situmandala ke Desa Cileungsir.

Lurah Dusun Tarikolot Desa Situmandala, Dahyo, ketika ditemui Koran HR, Senin (24/04/2017) lalu, membenarkan, warga yang tinggal di dekat Kantor Kecamatan menjadi resah akibat belum adanya sosialisasi terkait pemindahan pusat pemerintahan Kecamatan Rancah tersebut.

Menurut Dahyo, warga ingin mengetahui pemanfaatan eks bangunan kantor kecamatan agar ketika ditinggalkan jangan sampai bangunan tersebut malah menjadi tidak bermanfaat atau bahkan terbengkalai.

“Sebelumnya, ketika mendengar adanya isu pemindahan itu, warga yang ada di bilangan kantor kecamatan menolak pemindahan pusat pemerintahan Kecamatan Rancah ke desa lain. Meraka khawatr eks bangunan kantor kecamatan tersebut menjadi mati,” katanya.

Riki Rahman, pemuda setempat, ketika ditemui Koran HR, Senin (24/04/2017), juga mempertanyakan hal serupa. Menurut dia, pemindahan pusat pemerintahan Kecamatan Rancah akan mempengaruhi perkonomian warga yang semula tinggal dan mengandalkan hidup dari keberadaan kantor kecamatan.

“Jangan sampai nantinya eks bangunan kecamatan terbengkalai dan tidak dimanfaatkan, akibatnya menjadi gedung yang tidak berguna. Saya berharap ketika nanti dipindahkan, eks bangunan harus bisa bermanfaat untuk warga sekitar, minimalnya menjadi gedung olahraga,” katanya.

Sementara itu, Kaur Umum Desa Cileungsir, Hendih Esa Budiarsa, ketika ditemui Koran HR, Selasa (24/04/2017) lalu, menuturkan, pengukuran lahan untuk lokasi pembangunan Kantor Kecamatan Rancah sudah dilakukan, tepatnya di depan Kantor Desa Cileungsir.

“Pihak desa sudah mengalokasikan tanah desa untuk dijadikan komplek perkantoran Kecamatan Rancah sekitar 6454 meter. Warga sendiri sampai saat ini mendukung pusat pemerintahan dipindahkan ke Cileungsir,” katanya.

Namun demikian, Hendih juga mempertanyakan status lahan yang akan digunakan untuk Kantor Kecamatan Rancah, apakah disewa atau ditukar guling dengan aset pemerintah lainnya. (Heri/Koran HR)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!