Rusa di Pangandaran Berkeliaran, Jadi Daya Tarik Wisatawan

14/04/2017 0 Comments
Rusa di Pangandaran Berkeliaran, Jadi Daya Tarik Wisatawan

Salah satu rusa yang berada di cagar alam Pangandaran. Photo: Entang Saeful Rachman/HR

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),-

Keberadaan rusa di cagar alam Kabupaten Pangandaran menjadi salah satu hewan yang dilindungi pemerintah. Meski jumlahnya tidak begitu banyak, namun rusa di Pangandaran kerap keluar dari habitatnya hingga sejauh dua kilometer.

Menurut petugas BKSDA Kabupaten Pangandaran, Uking, sudah sejak lama rusa yang ada di cagar alam selalu berkeliaran untuk mencari makan. Padahal, pihaknya tidak kurang-kurang selalu memberi makan supaya hewan yang dilindungi tersebut tidak keluar dari habitatnya.

“Sudah dikasih makan tetap saja rusanya bandel, tetap keluar. Tapi kami selalu memantau keberadaannya ketika keluar cagar alam,” tegasnya kepada Koran HR, Senin (10/04/2017) lalu.

Berkeliarannya rusa di cagar alam, justru membuat sejumlah wisatawan tertarik. Sebab, hewan yang langka tersebut menjadi daya tarik tersendiri, terutama untuk diabadikan melalui foto.

“Saya baru pertama kali melihat rusa secara langsung dan lebih dekat. Bahkan saya bisa berfoto langsung. Untung saja hewan seperti itu jinak,” kata Ajeng, salah satu wisatawan asal Purwokerto.

Hal senada juga diungkapkan Yodi, wisatawan asal Lembang, Bandung. Menurutnya, rusa di Pangandaran cukup mengagumkan. Pasalnya, selain sangat mudah ditemui di kawasan cagar alam Pangandaran, rusa tersebut juga tidak sangat mudah berinteraksi secara langsung dengan manusia saat diberi makanan.

“Anak saya senang sekali bisa memberi makanan secara langsung kepada rusa yang ada. Saya harap keberadaan rusa harus tetap dilindungi dan dijaga agar tidak punah. Nah, kalau di sini saya harap ada penjual makanan khusus rusa yang bisa dibeli oleh wisatawan agar rusanya juga lebih senang,” ujarnya. (Ntang/R6/HR-Online)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!