Saat di Ciamis, Agun Bahas Soal Pentingnya Pendidikan Politik

14/04/2017 0 Comments
Saat di Ciamis, Agun Bahas Soal Pentingnya Pendidikan Politik

 

Agun Gunandjar Sudarsa

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Anggota MPR RI, Agun Gunandjar Sudarsa, BC.,Ip.,M.Si, menilai isu SARA atau pandangan dan tindakan yang didasarkan pada sentimen identitas yang menyangkut keturunan, agama, kebangsaan atau kesukuan dan golongan kerap menjadi pemicu konflik di Indonesia.

“Pemilihan umum, baik Pileg, Pilpres atau Pilkada, akhir-akhir ini cukup memberikan dampak kekhawatiran karena munculnya konflik horizontal di kalangan masyarakat, terutama isu-isu SARA yang dalam sejarahnya selalu saja menjadi pemicu konflik di Indonesia,” kata Agun, saat Acara Sosialisasi 4 pilar di Kabupaten Ciamis, Jum`at (14/04/2017).  

Agun menuturkan, konflik horizontal akibat isu SARA tersebut menunjukkan bahwa masyarakat belum matang dalam menghadapi perbedaan dan berpolitik yang cerdas serta beretika.

Untuk itu, Agun menegaskan, pendidikan politik harus dilakukan secara massif dan berkelanjutan oleh semua pihak, baik oleh pemerintah, Partai Politik, Ormas/ LSM, maupun tokoh masyarakat.

Menurut Agun, melalui pendidikan politik yang baik, massif dan berkelanjutan, diharapkan masyarakat mampu menjaga NKRI dan Bhineka Tunggal Ika, mampu berdemokrasi dengan baik, menghasilkan kepemimpinan yang kuat dan berkualitas.

“Serta mampu melahirkan pemerintahan yang efektif, dan parlemen yang kuat untuk mempercepat kesejahteraan masyarakat,” ucapnya. (DSW/R4/HR-Online)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!