Saat Kunjungi Ciamis, Aher Tanggapi Keputusan MK Soal Kewenangan Mendagri

06/04/2017 0 Comments
Saat Kunjungi Ciamis, Aher Tanggapi Keputusan MK Soal Kewenangan Mendagri

Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan.

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com), –

Mahkamah Konstitusi (MK) membatalkan berlakunya aturan terkait kewenangan Menteri Dalam Negeri dalam membatalkan Peraturan Daerah (Perda). Hal tersebut disampaikan Majelis Hakim MK pada sidang uji materi yang digelar di gedung MK, Jakarta Pusat, Rabu (04/04/2017).

Menanggapi keputusan MK tersebut, Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan, mengatakan, bagaimanapun sebagai pemerintah daerah harus mengikuti keputusan hukum dan mengikuti bimbingan dari pusat.

“Kemendagri dalam melakukan perda tertentu karena akibat dari adanya Undang Undang. Sehingga, ketika MK membatalkannya maka semua pihak harus mematuhinya,” kata Aher, sapaan akrab Ahmad Heryawan, saat ditemui usai menghadiri acara manaqiban sekaligus peresmian ruang kelas baru Sekolah Tinggi Ilmu Dakwah (STID) Ponpes Sirnarasa, Panjalu, Kabupaten Ciamis, Kamis (06/4/2017).

Dia juga menjelaskan, bahwa dalam hal ini Kemendagri bukan membatalkan Perda, tetapi hanya sebagian pasalnya saja yang dibatalkan. Termasuk di Jawa Barat, tidak ada Perda yang dibatalkan, hanya beberapa pasalnya yang dibatalkan dari beberapa Perda.

“Saat ini kita juga masih menunggu arahan dari pusat, terkait putusan MK yang baru itu. Intinya, arahan dari Kemendagri seperti apa, itu yang akan dijalankan. Dalam konteks kenegaraan, tentunya daerah menghormati keputusan dari lembaga negara tertinggi untuk urusan hukum, yakni MK,” jelas Aher. (DSW/R3/HR-Online)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!